Nasional

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sadawarna di Sumedang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana meresmikan langsung Bendungan Sadawarna di Desa Tanjung Kecamatan Surian Sumedang Jawa Barat (Jabar), Selasa (27/12/2022).

Peresmian bendungan ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden Jokowi bersama Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dengan dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Presiden.

Menurut Presiden Jokowi, bendungan tersebut merupakan bendungan ke-33 di Indonesia dan ke-5 di Jabar yang diresmikan olehnya selama menjabat sebagai Presiden RI.

Baca Juga :  Wacana Revitalisasi Pasar Cimanggung Diapresiasi Pj Bupati Sumedang

“Pembangunannya dimulai sejak 2018, menghabiskan anggaran sebesar Rp. 2,65 triliun, memiliki luas genangan 680 hektare dan bisa mengairi kurang lebih 4.280 hektare sawah,” ujarnya.

Presiden berharap pembangunan Bendungan Sadawarna dapat bermanfaat untuk meningkatkan produksi padi di Kabupaten Indramayu.

“Kita tahu, Indramayu adalah penyumbang (pangan) surplus nomor satu terbesar di Indonesia. Dan kita harapkan tidak turun, tetapi naik seperti  Gubernur sampaikan, dari 1,3 juta ton menjadi 1,8 juta untuk Kabupaten Indramayu,” ungkap Presiden.

Baca Juga :  DPC PKB dan DPD PAN Sumedang Bersatu, Bangun Poros Baru Jelang Pilkada 2024

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan seluruh masyarakat Sumedang yang telah merelakan lahannya untuk mengairi sawah-sawah yang ada di wilayah Indramayu.

Diharapkan dengan banyaknya waduk-waduk yang telah dibangun di Indonesia, produktifitas pangan semakin meningkat.

“Kita harapkan produktivitas padi, utamanya dan komoditas hortikultura dan yang lain-lainnya bisa naik dan ketahanan pangan kita semakin baik, kemandirian pangan kita semakin baik. Itu tujuan utama dibangunnya waduk, selain dipakai untuk wisata, untuk pembangkit listrik, dan juga untuk penyediaan air baku,” pungkasnya.

Baca Juga :  Irwansyah Putra: Hadapi Pilkada Sumedang, Tak Menutup Kemungkinan Adanya Koalisi PPP dan PDI Perjuangan

Hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN), Hadi Tjahjanto, Bupati Kabupaten Indramayu Nina Agustina, serta Wakil Bupati Kabupaten Subang Agus Maskur Rosyadi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button