Pemerintahan

Pegawai Bagian Umum Setda Sumedang Digembleng Wujudkan Pelayanan Prima

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Puluhan pegawai dilingkungan Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Sumedang mengikuti Pembinaan Kapasitas Aparatur dalam rangka upaya meningkatkan Pelayanan Prima di Sapphire City Park Sumedang Jawa Barat (Jabar), Selasa (27/12/2022).

Kepala Bagian (Kabag) Umum Setda Sumedang, Ayuh Hidayat menyatakan, kegiatan pembinaan Kapasitas tersebut diikuti oleh semua Pegawai Bagian Umum dari mulai Resepsionis, Office Boy (OB), Security hingga Pramusaji yang berada di Setda Sumedang.

“Output dari kegiatan ini diharapkan para pegawai Bagian Umum Setda Sumedang mengalami peningkatan kinerjanya kedepan. Meski kinerja para pegawai sejauh ini sudah baik.

Baca Juga :  Viral di MedSos, Si Rawing Akhirnya Diamankan SatPol PP Sumedang

Kendati itu, melalui kegiatan ini dengan menghadirkan sejumlah narasumber atau pemateri yang kompeten dibidangnya, kepribadian dan kinerja pegawai dapat jauh lebih profesional lagi kedepannya,” ucap Ayuh.

Menurut Ayuh, Ilmu yang didapat dan pengalaman dari para narasumber, sejatinya dapat diaplikasikan saat bekerja demi melayani masyarakat dan pimpinan dilingkungan Setda Sumedang.

Di kesempatan itu, salahsatu Narasumber, Nano Indrapraja menyampaikan, bahwa materi yang disampaikan adalah terkait Pelayanan Prima.

“Para pegawai sejatinya memahami apa yang disebut Pelayanan Prima yakni, pelayanan yang sangat baik sesuai dengan standarnya. Sehingga, mampu memuaskan pihak yang dilayani,” terangnya.

Baca Juga :  Bersumber dari DBHCHT, Buruh Tani Tembakau di Sumedang Akan Mendapat Bantuan Bibit Hewan Ternak

Hal itu, sambung Nano, bisa diawali dengan senyuman. Sebab, tamu akan merasa terkesan dan kesan pertama selalu meninggalkan jejak panjang dalam ingatan.

Tak lupa, sambung Nano, penampilan yang meliputi, pembawaan, penampilan diri, seragam dan berjabat tangan sangat penting dalam tahap awal memberikan pelayanan.

Selain itu, kesehatan pribadi pun sangat penting dalam sebuah pelayanan prima. Terlebih, dalam mewujudkan personal grooming atau penampilan rapi, serasi dan harmonis.

Dikatakannya, personal hygiene dan personal grooming merupakan dua subjek yang saling menunjang. Jadi, personal hygiene lebih menitikberatkan pada aspek kesehatan dan kesan sehat. Sedangkan personal grooming menitikberatkan pada aspek kerapian penampilan seseorang.

Baca Juga :  Penggunaan DBHCHT di Sumedang Berikan Dampak Positif Sejahterakan Masyarakat

“Intinya, sikap Pelayanan Prima memiliki kinerja bersemangat, memakai cara terbaik, tanpa curiga dan kekhawatiran, sikap untuk segera bertindak, tepat waktu, tanpa menunggu, sabar dan tidak mengada-mengada,” tuturnya.

Terakhir, ia berpesan, bekerjalah dengan sungguh-sungguh dan serius serta fokus. Dengan begitu, akan tercapai apa yang diharapkan untuk dijadikan suatu acuan kedepannya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button