EkonomiPemerintahanSumedang

Penggunaan DBHCHT di Sumedang Berikan Dampak Positif Sejahterakan Masyarakat

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, Tuti Ruswati menyebutkan, bahwa penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2024 melalui sejumlah dinas terkait diharapkan dapat berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat di Sumedang.

“Sejatinya, anggaran DBHCHT ini harus dipergunakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Baik itu bidang pertanian tembakau maupun usaha tembakau,” ujar Pj Sekda Tuti Ruswati kepada wartawan di Sumedang Jawa Barat (Jabar), Rabu (21/2/2024).

Baca Juga :  14 Hari Lagi Pemilu, Ketua KPU Sumedang Minta Petugas TPS hingga PPK Tetap Menjaga Kesehatan

Yang pasti, Tuti melanjutkan, anggaran DBHCHT bisa memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi. Terlebih, masyarakat di Sumedang bisa sejahtera.

“Anggaran DBHCHT ini telah ditetapkan dalam APBD murni Kabupaten Sumedang tahun 2024, nilainya mencapai Rp 20,98 miliar,” ucapnya.

Baca Juga :  Dua Hari Jelang Pemilu, Polres Sumedang Terjunkan 661 Personil Amankan TPS

Perlu diketahui, kata Tuti, anggaran DBHCHT itu 50 persen harus dipergunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kemudian, 40 persen untuk mendukung program kesehatan, dan 10 persen untuk program penegakan hukum.

“Alokasinya kan sudah jelas, sebagian besar dari anggaran DBHCHT ini harus dimanfaatkan untuk program kesejahteraan masyarakat. Termasuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (*)

Baca Juga :  Alokasi DBHCHT 2024 di Sumedang Sebesar Rp20 Miliar

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button