AgamaPamulihanSosialSumedang

Pemuda PUI, Persis, Muhammadiyah dan GP Ansor Sumedang Menyatu dalam Satu Forum Diskusi

Lintas Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), yang masuk kedalam Gerakan Pemuda Islam (Gemuis) di Kabupaten Sumedang pada Hari Jum’at malam, 11 Agustus 2023, berkumpul bersama, menyatu dalam satu Forum Talkshow Kebangsaan di Bumi Ciboled Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang.

OKP tingkat Kabupaten Sumedang yang hadir langsung diwakili oleh ketuanya masing-masing. Ada Ketua Pemuda Persatuan Islam (Persis) Firman B Nugraha, Ketua Pemuda Persatuan Ummat Islam (PUI) Yogi S Prayoga, Ketua Gerakan Pemuda (GP) Ansor Acep Komarudin, Ketua Pemuda Muhammadiyah Dodi Partawijaya dan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Eky Ahmad M Ramdani.

Kegiatan ini digagas oleh Pengurus Daerah (PD) Pemuda Persis Sumedang dalam acara Mukhoyam yang dihadiri 50 orang kadernya. Menurut ketua PD Persis Sumedang, Firman B Nugraha, salah satu isi dari acara Mukhoyam ini adalah Talkshow Kebangsaan yang narsumnya adalah para ketua OKP Gemuis. “Salah satunya adalah Ketua GP Ansor, Ketua Muhammadiyah, Ketua PUI dan juga ada ketua KNPI Sumedang,” terang Firman disela acara, Jum’at (11/8).

Tujuan Talkshow ini, kata Firman, adalah untuk silaturahmi di antara para Ketua OKP Gemuis yang ada di Kabupaten Semedang. Sehingga bisa membentuk harmonisasi di antara para OKP Islam. “Kita menyamakan persepsi, kita menyamakan tujuan, bagaimana kedepannya, ini kan momennya adalah 17 Agustus ya, hari Kemerdekaan Indonesia,” kata Firman.

Dihari kemerdekan ini, ia berharap bisa mewujudkan Indonesia yang lebih damai, apalagi menghadapi tahun politik di 2024. “Kita akan menghadapi pemilu, sehingga pentingnya menyamakan persepsi antar OKP, terutama di OKP Gemuis,” katanya.

Ia mengaku, inspirasi mengumpulkan para ketua OKP Gemuis dalam satu forum yang sama adalah dari makna sumpah pemuda. “Bagaimana dulu para pendiri bangsa kita, pendahulu kita, di awali dari sumpah pemuda itu kan, yang mempersatukan para pemuda di Indonesia. Sehingga Indonesia bisa merdeka, salah satu gerakannya adalah pemuda yang ada semangat untuk mempersatukan bangsa. Jadi itu inspirasinya adalah dari sumpah pemuda,” kata Firman.

Harapan kedepannya, lanjut Firman, dengan adanya talkshow kebangsaan ini, para pemuda di Kabupaten Sumedang bisa memiliki banyak potensi, pemudanya hebat, pemuda-pemuda yang bisa membangun Sumbedang lebih baik lagi.

“Karena dengan bersama-sama, berjamaah itu akan lebih baik daripada sendiri-sendiri,” katanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button