ParlemenSumedang

Komisi I DPRD Sumedang Sambangi Bawaslu, Pastikan Kesiapan SDM dan Sapras Jelang Pemilu 2024

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumedang melakukan kunjungan fungsi pengawasan bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumedang Jawa Barat (Jabar), Senin (8/5/2023)

Ketua Komisi I DPRD Sumedang, Asep Kurnia mengatakan, kunjungan tersebut sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) memiliki kewajiban untuk memfasilitasi penyelenggara Pemilu seperti, Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Dalam kunjungan kerja kali ini, saya ingin memastikan ketersedian Sumber Daya Manusia (SDM) mulai dari Bawaslu, Panwaslu hingga KPU dalam menghadapi Pemilu 2024. Jadi, semua unsur ini harus siap menyukseskan Pemilu,” kata Asep Kurnia yang sering disapa Akur.

Baca Juga :  Pemuda Muhammadiyah Ingatkan Independensi Profesionalisme KPU dan Bawaslu Sumedang

Ia berharap, seluruh SDM tersebut merupakan orang-orang terbaik serta dapat menjaga netralitas. Dirinya juga ingin memastikan ketersediaan dukungan sarana prasarana (sarpras) untuk penyelenggaraan Pemilu.

“Memang beberapa waktu lalu, ada permohonan terkait dengan dukungan kendaraan operasional. Dan sekarang perkembangannya sudah dipenuhi semua. Ini merupakan dukungan dari Pemda,” jelasnya.

Baca Juga :  Bawaslu Sumedang Umumkan Daftar Nama Terpilih Panwaslu Kecamatan untuk Pilkada 2024

Kendati demikian, Akur menyoroti lahan parkir di Bawaslu Sumedang yang dinilai kurang memadai. Di sisi lain, jumlah kendaraan operasional dari Pemda Sumedang sudah mencukupi bahkan lebih. Sehingga, dapat dialihkan kepada kebutuhan lain.

“Tidak menutup kemungkinan kedepannya berharap seperti KPU Sumedang yang sudah memiliki lahan sendiri. Baru-baru ini, KPU kan sudah mendapatkan tanah hibah dari Pemda Sumedang. Sehingga, kami berharap untuk Bawaslu Sumedang juga sama. Mengingat, hal ini bagian dari proses kerja demokrasi,” jelasnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Pastikan Kesiapan Bawaslu dan KPU Sumedang Hadapi Pilkada Serentak 2024

Ia menegaskan, kunjungannya tersebut untuk memastikan semua pihak, khususnya Bawaslu Sumedang sangat siap untuk menghadapi Pemilu.

“Kami tidak ingin ada hal sepele yang mengganggu kinerja Bawaslu Sumedang. Dengan demikian DPRD Sumedang ingin memastikan semua pihak penyelenggara Pemilu bersiap menghadapi setiap tahapan Pemilu 2024,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button