ParlemenPemerintahanSumedang

Kepemimpinan Dony-Erwan Berakhir September 2023, DPRD Bisa Usulkan 3 Nama Calon Pj Bupati Sumedang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sumedang, Asep Kurnia membenarkan bahwa DPRD telah mengumumkan masa akhir jabatan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Wakil Bupati (Wabup) Erwan Setiawan pada 20 September 2023 nanti dalam sidang Paripurna DPRD beberapa waktu lalu.

“Jadi, menjelang berakhirnya masa jabatan Bupati Dony Ahmad Munir dan Wabup Erwan Setiawan pada 20 September 2023 mendatang. DPRD bisa mengusulkan sampai 3 orang nama sebagai calon Penjabat (Pj) Bupati Sumedang yang sesuai dengan ketentuannya,” ucap Asep Kurnia yang kerap disapa Akur kepada wartawan di Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS) Jawa Barat (Jabar), Jum’at (23/6/2023).

Menurut Akur, sesuai ketentuannya 3 bulan sebelum masa jabatan Bupati dan Wabup berakhir itu harus diumumkan oleh DPRD ke masyarakat. Selanjutnya, akan ada surat dari Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) yang akan ditujukan ke ketua DPRD terkait pengusulan nama calon Pj Bupati,” katanya.

Baca Juga :  Wacana Car Free Day Diaktifkan Kembali di Sumedang

Di dalam surat rekomendasi tersebut, sambung Akur, DPRD Kabupaten Sumedang dapat mengusulkan 3 nama calon Pj Bupati atau Pj Kepala Daerah.

“Pengusulan nama Pj kepala daerah ini dapat diusulkan oleh 3 komponen, yaitu DPRD Kabupaten Sumedang, Gubernur Jabar dan Kemendagri. Yang mana ke tiga komponen ini masing-masing bisa mengusulkan 1, 2 atau maksimal 3 nama untuk Pj Bupati Sumedang,” ucap Akur.

Selain itu, terang Akur, untuk Pj Kepala Daerah diusulkan pada 30 hari sebelum masa jabatan Bupati dan Wabup berakhir. Sehingga, pada bulan Agustus 2023 nanti sudah mengusulkan nama-nama untuk Pj Bupati Sumedang.

Baca Juga :  Ini Penjelasan Soal Kegaduhan Pj Bupati Sumedang Tidak Hadir di Acara Sarasehan Budaya

Namun demikian, imbuh Akur, yang berhak diusulkan untuk menduduki sebagai Pj Bupati yakni pejabat yang berada di posisi Jabatan Tinggi Pratama seperti Sekertaris Daerah (Sekda) dan sejumlah Kepala Dinas di lingkungan Pemda Sumedang.

Selain itu, Akur mengaku bahwa sejauh ini DPRD Sumedang belum mengantongi rekomendasi nama-nama calon untuk Pj Bupati. Mengingat, nantinya akan ada mekanisme di internal DPRD sendiri.

“Ini masih berproses dan nanti akan ada mekanisme sendiri di internal DPRD Kabupaten Sumedang untuk usulan calon Pj Bupati,” tuturnya.

Sebagai anggota dari Fraksi Golkar Sumedang, Akur berharap bila Pj Bupati Sumedang nanti harus mampu menghadapi tantangan ke depan.

Baca Juga :  Ini Perjuangan APDESI Sumedang untuk Mewujudkan Desa yang Sejahtera dan Bersahaja

“Tantangan ke depan ini tidak gampang, karena Pj Bupati akan menjabat selama 1 tahun lebih. Bahkan, nantinya akan ada beberapa event penting di Kabupaten Sumedang, seperti pembahasan anggaran APBD perubahan dan APBD murni 2024. Terlebih, yang tidak kalah penting ada momentum besar yakni, Pemilu Legislatif, Pilkada dan Pemilihan Presiden,” tuturnya.

Oleh karena itu, dirinya dari Fraksi Partai Golkar juga akan mendiskusikan bagaimana mana nanti sosok Pj Bupati Sumedang dapat menjawab tantangan tersebut.

“Selain itu, jangan sampai performa Kabupaten Sumedang sampai menurun kedepannya. Karena seperti diketahui, banyak raihan prestasi yang telah berhasil di raih berkat kepemimpinan Dony-Erwan,” pungkas Akur. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button