EkonomiPolitikSumedang

DPD Papera Realisasikan Pinjaman Dana Bergulir Program Warung Juang di Sumedang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Dewan Pimpinan Daerah Pedagang Pejuang Indonesia Raya (DPD Papera) Provinsi Jawa Barat (Jabar) serahkan dana bergulir Program Warung Juang bagi pedagang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sekretariat DPC Partai Gerindra Sumedang Jawa Barat (Jabar), Jum’at (23/6/2023).

Ketua DPD Papera Jabar, Heri Ukasah didampingi Ketua DPC Papera Sumedang Hersa Santosa menyatakan, salahsatu organisasi sayap partai Gerinda yakni, Papera terus melakukan terobosan-terobosan yang memberikan dampak positif kepada masyarakat khususnya para pedagang pasar, UMKM, pedagang keliling, dan lain sebagainya.

“Memang banyak persoalan yang kerap dihadapi para pedagang ini, salahsatunya kekurangan modal untuk mengembangkan usaha berdagangnya. Sehingga, kami memberikan pinjaman yang tanpa bunga dan tanpa anggunan melalui dana bergulir Program Warung Juang,” kata Heri Ukasah yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Sumedang.

Menurut Heri Ukasah, keberadaan Papera yang berafiliasi dengan Partai Gerindra ini sejatinya harus selaras dengan program Ketua Umum Pak Prabowo yakni, kebijakan yang pro rakyat. Terlebih, dapat memberikan dampak positif agar perekonomian masyarakat semakin maju, berkembang dan sejahtera.

“Ya, para pedagang ini harus mendapat perlakuan sebagaimana mestinya. Sehingga, kiprah Papera akan terus berada dibelakang para pedagang,” ucapnya.

Olehsebab itu, sambung Heri Ukasah, dirinya juga menyayangkan masih banyak para pedagang yang terjerat praktik pinjaman rentenir. Sehingga, melalui program pinjaman dana bergulir itu diharapkan dapat meringankan beban para pedagang.

“Jadi, kami akan membantu para pedagang ini dengan memberikan pinjaman dana bergulir dengan catatan siap memberikan dukungannya kepada Pak Prabowo sebagai Presiden RI,” tukasnya.

Di kesempatan itu, Ketua DPC Papera Sumedang, Hersa Santosa menyatakan, kisaran pinjaman dana bergulir program warung juang dari Papera ini bervariatif, mulai pinjaman Rp 1 juta hingga maksimal pinjaman Rp 5 juta.

“Untuk di Sumedang sendiri sudah ada 200 pedagang yang mengajukan pinjaman. Namun, baru 11 orang pedagang yang mendapat bantuan pinjaman dari dana bergulir program warung juang ini,” kata Hersa.

Namun demikian, sambung Hersa, jumlah pedagang di Sumedang yang mendapat pinjaman dana bergulir tersebut akan terus bertambah kedepannya.

“Ini merupakan program strategis Papera dalam rangka membantu mengembangkan perekonomian masyarakat. Sedangkan persyaratan administrasi untuk mendapat bantuan pinjaman ini diantaranya foto kopi KTP, KK, Foto diri didepan warung atau tempat berdagang hingga mengisi formulir khusus yang disediakan DPC Papera Sumedang,” pungkas Hersa Santosa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button