Kesehatan

Kasus DBD di Wilayah Puskesmas Margajaya Terkendali

TAHUEKSPRES.COM, TANJUNGSARI – Kepala Puskesmas Margajaya, Kecamatan Tanjungsari, Titim Adrianingsih, SST, Bd. M.Kes menyebutkan, bahwa kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) diwilayah kerja Puskesmas Margajaya relatif terkendali.

“Adanya penyakit DBD disebabkan salah satunya karena faktor cuaca, antisipasi yang kami lakukan, rutin memberikan edukasi kepada masyarakat dengan blusukan kepemukiman warga, mengindentifikasi penyebab timbulnya penyakit DBD,” ucapnya. Selasa (05/07/2022).

Titim mengaku, melihat data dari bulan Januari sekitar 4 kasus terakhir bulan April sekitar 6 kasus, bisa dinyatakan terkendali, dan tidak sampai menimbulkan kematian.

“Penyakit DBD merupakan penyakit menular, oleh sebab itu, masyarakat diimbau melakuan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dulu, dengan membersihkan lingkungan seperti membersihkan sanitasi, saluran air,” katanya.

Menurutnya, selain melakukan pogram PSN, juga dilakukan Fogging yang dilakukan pengawasan dari Bindan Desa masing-masing.

“Kami mengajak masyarakat, unsur TNI, Polri, dan Desa untuk bersama-sama menekan sedini mungkin penyakit DBD, karena dampak terburuk dari penyakit ini, bisa menimbulkan kematian,” tutupnya.***

Show More

Enceng Syarif Hidayat

Enceng Syarif Hidayat adalah seorang jurnalis yang aktif liputan di Sumedang, Jawa Barat. Enceng mengawali karirnya di dunia jurnalistik dimedia lokal online Sumedang. Saat ini aktif di organisasi profesi wartawan Forum Komunikasi Wartawan Sumedang (Forkowas). Liputan utamanya di wilayah Barat Sumedang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button