NasionalPemerintahan

Kabupaten Sumedang Masuk Lima Besar Meraih Anugrah Tinarbuka 2023

TAHUEKSPRES, TANGERANG – Masuk ke tahapan presentasi Anugerah Tinarbuka 2023 yang digelar oleh Komisi Informasi (KI) Pusat, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir dipastikan menjadi salah satu kandidat lima besar kepala daerah di Indonesia yang menerima penghargaan tersebut di Hotel Atria Serpong Tanggerang, Senin (27/3/2023).

Sebelumnya, Kabupaten Sumedang lolos melalui tahapan verifikasi administrasi. Tinarbuka sendiri merupakan penghargaan yang diberikan oleh Komisi Informasi Pusat dalam rangka Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HAKIN) yang diperingati setiap 30 April bertepatan dengan sahnya UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Baca Juga :  Pemkab Sumedang Keluarkan Surat Edaran Larangan Judi Online

Di hadapan tim penilai dari lintas Kementerian dan Lembaga, Bupati  Dony didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Herman Suryatman memaparkan mengenai alat ukur dan instrumen keterbukaan informasi publik serta outcome, dampak dan manfaat Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Bupati menyampaikan, KIP menjadi sebuah keharusan yang sekarang sudah dipraktikkan Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) Sumedang melalui berbagai platform.

Ia pun mengajak seluruh warga masyarakat untuk terus memanfaatkan kemudahan yang diberikan dengan berbagai fitur layanan online yang ada di aplikasi “Wa Kepo” dan ikut berpartisipasi di era keterbukaan informasi.

Baca Juga :  Silaturahmi Politik Golkar-PPP, Pasangan Dony-Erwan Bisa Terjadi untuk Pilkada Sumedang 2024

“Partisipasi masyarakat kami nantikan di era keterbukaan informasi publik ini. Diharapkan menjadi stimulus bagi masyarakat, terutama akses pelayanan dan ikut berkontribusi untuk Sumedang. Mohon doanya Sumedang semoga menjadi yang terbaik di tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisioner Komisi Informasi Jabar Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi Dadan Saputra yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi atas berbagai kemajuan yang telah dicapai oleh Kabupaten Sumedang.

“Saya sudah melakukan monitoring dan evaluasi terhadap Sumedang. Terakhir Tahun 2022, Sumedang dari instrumen yang kami lihat luar biasa kemajuannya. Kalau soal informatif, Sumedang sudah sangat informatif,” ujarnya.

Baca Juga :  Silaturahmi Politik Jelang Pilkada 2024 Gencar Dilakukan, PPP Sambangi PKS Sumedang

Dikatakan, sesuatu yang menarik dari Sumedang dalam presentasi kali ini adalah outcome dan dampak dari KIP.

Menurutnya, alat ukur yang disampaikan Sumedang sangat menarik karena instrumen yang digunakan berdampak terhadap keadilan dan kesejahteraan masyarakat.

“Alat ukur sangat menarik, bagaimana instrumen KIP juga punya dampak terhadap keadilan dan kesejahteraan sehingga semua orang punya kesempatan untuk mengambil kebijakan secara tepat karena infromasinya sangat berkecukupan,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button