SumedangTeknologi

Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, PLN UP3 Sumedang Tambah Unit PDKB Sentuh Langsung

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) menerima penambahan unit kendaraan operasional untuk PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan) Sentuh Langsung.

Keberadaan kendaraan operasional itu untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan keandalan suplai listrik bagi pelanggan pelanggan terutama jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H yang jatuh pada 17 Juni 2024 nanti.

Tidak banyak diketahui, PLN juga memiliki pasukan khusus yang terlatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik.

Mereka memiliki kemampuan khusus dan berisiko tinggi untuk bekerja tanpa harus memadamkan aliran listrik. Pasukan khusus tersebut adalah PDKB yang lahir pada 10 November 1955 silam.

Untuk PDKB Sentuh Langsung sendiri secara resmi beroperasi di Jawa Barat (Jabar) sejak Agustus 2016 lalu.

Baca Juga :  Inspection Day, PLN UP3 Sumedang Budayakan Implementasi K3

Berbeda dengan metode PDKB sebelumnya yang masih menggunakan peralatan khusus untuk menyentuh jaringan, pasukan PDKB Sentuh Langsung dapat melakukan pemeliharaan dengan menyentuh langsung jaringan listrik yang bertegangan 20 kV.

Tentunya pekerjaan tersebut dilengkapi dengan teknologi dan peralatan khusus di mobil PDKB Sentuh Langsung antara lain, boom isolasi yang tahan tegangan 130 kV dan bucket isolasi yang tahan tegangan 40 kV. Sedangkan para petugas harus menggunakan sleeve (pelindung/isolasi lengan) yang tahan 40 kV, sarung tangan isolasi yang tahan 30 kV, dan sepatu boot isolasi yang tahan 30 kV.

Ditemui di ruang kerjanya di Sumedang, Manager PLN UP3 Sumedang, Eko Hadi Pranoto menyebutkan pasukan PDKB Sentuh Langsung telah melewati serangkaian pelatihan khusus.

Baca Juga :  Perkuat Infrastruktur SPKLU, PLN UP3 Sumedang Permudah Layanan Pengguna EV

“Tim PDKB Sentuh Langsung harus mengedepankan konsep zero accident, selalu patuh pada SOP, dan mengutamakan tim dalam kerja. Mereka dididik dalam waktu kurang lebih 3 bulan untuk membentuk karakter ini,” ucap Eko Hadi Pranoto kepada wartawan di Sumedang Jabar, Jum’at (31/5/2024).

Eko menambahkan, PDKB Sentuh Langsung memungkinkan pasukan bekerja dengan lebih cepat, sehingga meningkatkan efektifitas kerja.

“Peralatan yang digunakan oleh pasukan PDKB Sentuh Langsung memiliki teknologi yang membuat kerja petugas 3 kali lebih cepat, sehingga pemeliharaan akan lebih efisien dalam waktu juga hasil kerja akan lebih optimal,” ujar Eko.

Selain itu, sambung Eko, menjelang Hari Raya Idul Adha, pihaknya bersiap lebih awal, melakukan pemetaan pada masjid atau lokasi tempat sholat Id juga penyembelihan hewan qurban. Karena bisa berlangsung sampai dengan 4 hari atau hari tasyrik 11-13 Dzulhijjah 1445 H.

Baca Juga :  PLN UP3 Sumedang Pastikan Seluruh Layanan Siaga Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H

“Jadi, persiapan kami harus lebih matang lagi,” tukas Eko.

Di tempat terpisah, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar), Susiana Mutia menyebutkan, PLN memastikan penyaluran listrik selama siaga Idul Adha 1445 H aman.

“Dengan mengoptimalkan PDKB Sentuh Langsung, kami optimalkan pemeliharaan tanpa padam, aktifitas juga produktivitas masyarakat akan terus berjalan tanpa gangguan.

Kami bersiap siaga menyambut Idul Adha ini, pasti kegiatan masyarakat akan meningkat terutama dalam pemakaian tenaga listrik. Kami pastikan masyarakat merasa tenang dan nyaman dalam mempersiapkan maupun pada saat melaksanakan ibadah pada Hari Raya Idul Adha 1445 H nanti,” tutup Susi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button