Peristiwa

Jatinangor Diterjang Banjir, Ratusan KK Terdampak

JATINANGOR – Intensitas hujan yang tinggi mengakibatkan sejumlah wilayah di Kecamatan Jatinangor diterjang musibah banjir. Sabtu 27 November 2021.

Berdasarkan informasi yang kami himpun sejumlah wilayah di Kecamatan Jatinangor terjadinya banjir, diantaranya, Desa Cileles, Hegarmanah, Cikeruh, dan Desa Sayang.

Musibah banjir yang lebih parah menerjang wilayah Desa Cikeruh dengan total yang terdampak sebanyak 238 KK terdaapat di RW 07, RW 08, RW 09 dan RW 10.

“Banyak rumah yang terendam, mengakibatkan pemilik rumah terjebak banjir, sehingga dilakukan evakuasi ketempat yang lebih aman,” ucap Babinsa Desa Cikeruh Serma Wawan Setiawan didampingi Bhabinkamtibmas Desa CikeruhAiptu Ayi Bahtiar. Sabtu (27/110)

ia menambahkan, selain merendam rumah, banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter itu, juga menutup ruas jalan Desa dan Jalan Kabupaten, sehingga akses  jalan ditutup sementara.

Sementara itu, menanggapi terkait terjadinya banjir, Anggota DPRD Kabupaten Sumedang Dr. Dudi Supardi mengatakan, akibat curah hujan yang cukup tinggi bendungan Sendimentraf yang berada di Desa Cikeruh meluap.

“Aneh, pembangunan Sendimentrap tersebut belum juga di resmikan, ternyata tidak sanggup menampung air ketika hujan besar  disungai Cikeruh,” ucapnya.

Dikatakannya, apakah mungkin salah perhitungan atau perkiraan peil banjirnya, akibat curah hujan yang besar dan terjadinya landclearing pada pembangunan jalan tol, pada akhirnya mengakibatkan sejumlah Desa di Kecamatan Jatinangor Banjir.

“Saya berharap pihak Tol dapat membuat saluran yang bisa membagi alur air ke berbagai arah, sehingga bisa terbagi ke arah sungai Cikeruh dan Cibeusi,” pungkasnya.

Show More
Back to top button