AgamaSumedang

Inilah Tema Khutbah Jum’at Pj Bupati Yudia Ramli di Masjid Agung Sumedang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Membangun Sumedang Meneladani 4 Pondasi Ajaran Rosululloh SAW di Madinah, inilah tema yang disampaikan Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat menjadi Khotib sekaligus Imam Sholat Jum’at di Masjid Agung Sumedang Jawa Barat (Jabar), Jumat (3/5/2024).

Pj Bupati Yudia menyampaikan, jika ingin melihat komunitas ibadah di Masjid yang memiliki dampak terhadap perubahan sosial dan membentuk kesalehan sosial, Rasulullah telah memberikan teladan bagaimana membangun Madinah yang terbelakang menjadi kota yang berperadaban.

“Komunitas yang kuat harus dibangun atas dasar mahabbah atau kecintaan sebagai sumber kekuatan kesolidan komunitas,” kata Yudia.

Baca Juga :  Jum'at Berkah Syukuran Kemenangan Persib, Umuh Muchtar Berbagi di Alun-alun dan Masjid Agung Sumedang

Pj Bupati Yudia mengutip sebuah hadis, Rosululloh SAW bersabda, wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam diantara kalian. Berikanlah makanan diantara kalian, sambungkanlah silaturahim. Dan salat malamlah ketika manusia tidur maka kalian masuk surga dengan selamat.

“Menyebarkan salam adalah awal komunikasi yang cerdas untuk membangun hubungan yang baik. Karena dengan salam yang menyejukan akan memunculkan simpati dan empati. Inilah kekuatan salam, bukan hanya kekuatan yang efektif tetapi pupuk cinta sesama muslim. Bahkan cinta itu bisa datang dari saudara kita yang non muslim,” katanya.

Baca Juga :  Jum'at Berkah Syukuran Kemenangan Persib, Umuh Muchtar Berbagi di Alun-alun dan Masjid Agung Sumedang

Dikatakan Yudia, Rosululloh SAW bersabda untuk menyebarkan salam, memberikan makanan dan menyambung tali silaturahim. Hal inilah yang menjadi rahasia perubahan masyarakat Madinah.

“Silaturahmi akan melahirkan komunitas yang saling menasehati dalam kebaikan, saling berlomba dalam beribadah dan berlomba dalam membangun kinerja hakiki dalam melaksanakan pekerjaan,” ujarnya.

Di penghujung khotbahnya, Pj Bupati Yudia berharap Sumedang bersinar seperti bersinarnya Madinah.

Sementara itu, Wakil Ketua DKM Masjid Agung H. M. Endang Hasanuddin mengaku salut dengan Pj Bupati Yudia Ramli.

Baca Juga :  Jum'at Berkah Syukuran Kemenangan Persib, Umuh Muchtar Berbagi di Alun-alun dan Masjid Agung Sumedang

“Beliau meminta jadwal untuk menjadi Khotib dan Imam Sholat Jum’at di Masjid Agung Sumedang. Semoga beliau membawa keberkahan yang besar bagi Kabupaten Sumedang,” kata Endang.

Hal senada disampaikan Sekretaris DKM Masjid Agung Sumedang Cucu Samsu mengaku senang dengan hadirnya Pj Bupati sebagai Khotib dan Imam Sholat Jum’at di Masjid Agung Sumedang.

“Tentunya kami sangat bangga dan menjadi sebuah kehormatan, Bapak Pj Bupati Sumedang dapat memimpin pelaksanaan Sholat Jum’at hari ini,” ujarnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button