PeristiwaSumedang

Hingga Desember 2023, Tercatat 252 Peristiwa Bencana Terjadi di Sumedang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Hingga Desember 2023 tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang mencatat tidak kurang dari 252 kali peristiwa bencana alam. Bencana ini, berupa kebakaran hutan dan lahan, longsor, pergerakan tanah, hingga bencana banjir.

Demikian disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Sumedang, Atang Sutarno kepada wartawan di Sumedang Jawa Barat (Jabar), Selasa (12/12/2023).

Baca Juga :  Sehari Terjadi Longsor di Enam Titik, Ini Respon BPBD dan Polres Sumedang 

“Karena banyaknya peristiwa bencana sepanjang tahun 2023 ini, kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan. Mengingat, sekarang sudah memasuki musim hujan. Sehingga, kita juga harus tetap meningkatkan kehati-hatian dan kesiapsiagaan,” ujar Atang.

Menurut Atang, sejumlah peristiwa bencana yang terjadi di Sumedang didominasi oleh bencana longsor, banjir, pergerakan tanah, hingga bencana kebakaran hutan dan lahan.

Baca Juga :  Meski Tak Ada Korban Jiwa, Ribuan Bangunan Alami Kerusakan Akibat Gempa di Sumedang

“Peristiwa longsor tercatat sekitar 53 kejadian, pergerakan tanah ada 3 kali kejadian, banjir 6 kejadian, banjir bandang 1 kejadian, pohon tumbang 24 kejadian, kebakaran hutan dan lahan 164 kejadian serta bencana puting beliung ada 5 kali kejadian,” terangnya.

Selain itu, sambung Atang, menyusul banyaknya peristiwa bencana di Kabupaten Sumedang, tentu saja telah menimbulkan banyak kerusakan. Mulai dari kerusakan bangunan milik warga setempat, fasilitas umum, hingga lahan pertanian dan perkebunan.

Baca Juga :  PLN Pulihkan Jaringan Listrik Dampak Angin Puting Beliung di Jatinangor

“Setelah di inventarisir, terdapat 262 unit bangunan rumah yang terdampak, fasilitas ibadah sebanyak 13 unit, fasilitas pendidikan ada 13 unit, fasilitas infrastruktur 33 unit, dan puluhan fasilitas lainnya,” tukas Kalak BPBD Sumedang, Atang Sutarno. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button