Politik

Hadapi Masa Kampanye Terbuka Pemilu 2024, Panwaslu Kecamatan Sumedang Selatan Sangat Siap

Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang menyatakan sangat siap dalam rangka menghadapi masa kampanye terbuka tahapan Pemilu Tahun 2024. Masa kampanye terbuka sendiri sudah ditetapkan oleh KPU RI pada Tanggal 21 Januari – 10 Februari 2024.

Sebagai informasi, saat ini Panwaslu Kecamatan Sumedang Selatan sudah melantik PTPS sehingga ada tambahan tenaga pengawas dilapangan sebanyak 248 orang. Kemudian ada 14 PKD ditambah dengan Komisioner beserta staff di Kecamatan Sumedang Selatan sebanyak 11 orang. Jadi sangat membantu dalam pengawasan kampanye terbuka ini.

Baca Juga :  Emak-emak Warga Paseh Sumedang Teriakan PKB Agung Tetap Agung

Ketua Panwaslu Kecamatan Sumedang Selatan, Nina Yuliawati mengatakan, berkaitan dengan tahapan kampanye terbuka dari tanggal 21 Januari sampai 10 Februari 2024 merupakan masa-masa rawan, apalagi nanti di tahapan masa tenang.

“Dan selain itu, hal-hal yang sudah kita lakukan, yang pertama, kita sudah melakukan pencegahan dengan melakukan sosialisasi dan juga sudah melakukan himbauan tentang tahapan kampanye itu baik APK maupun hal-hal yang berkaitan dengan ketika melakukan kampanye,” katanya saat press release di Kantor Sekretariat Panwaslu Kecamatan Sumedang Selatan, Jum’at (26/1).

Baca Juga :  Panwascam Tanjungkerta Akan Soroti Pendistribusian Logistik TPS Khusus

Kemudian yang kedua, katanya, berkaitan dengan partisipasi masyarakat terhadap pengawasan Pemilu saat ini sudah meningkat. Ia mengaku ada beberapa laporan dari warga, misalnya terkait dengan adanya APK yang melanggar, kemudian ada aktivitas kampanye.

Jadi hal itu, kata Nina, sangat membantu sebagai informasi awal untuk ditindaklanjuti. Kemudian yang ketiga, menurutnya dengan cara memberikan pembinaan terhadap para pengawas TPS, baik yang di Panwaslu Kecamatan di Bimtek oleh Bawaslu Kabupaten kemudian yang di PKD di Bimtek dengan PTPS-nya oleh Panwaslu Kecamatan.

Baca Juga :  Panwascam Cisitu Wanti-wanti soal Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 Dimusim Penghujan

“Jadi itu salah satu cara bahwa kita menerapkan strategi kita untuk menghadapi ini. Karena dengan pembinaan, pembekalan, pengetahuan dan pemahaman regulasi kepada rekan-rekan pengawas kita. Itu salah satu hal yang sangat penting untuk kita, selain pengawasan seperti ini,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button