PeristiwaSosialSumedang

Donasi untuk Korban Bencana Gempa di Sumedang Mulai Berdatangan

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Hari ke tiga Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi di wilayah Kabupaten Sumedang, Pj Bupati Herman Suryatman meninjau langsung ke lokasi korban terdampak gempa dan memberikan bantuan di Desa Padasari Cimalaka Sumedang Jawa Barat (Jabar), Rabu (3/1/2024).

“Hari ini saya didampingi pejabat Forkopimcam Cimalaka meninjau sejumlah rumah yang retak-retak akibat gempa bumi kemarin. Terlebih, adanya informasi yang kami terima bahwa di Desa Padasari Cimalaka terdapat 80 rumah mengalami kerusakan,” ujar Pj Bupati Herman Suryatman kepada wartawan di Cimalaka Sumedang Jawa Barat (Jabar), Rabu (3/1/2024).

Baca Juga :  Langkah Serius Akselerasi Peningkatan Produksi Pangan Nasional Di Kabupaten Sumedang

Setelah di kroscek, sambung Herman, memang ada sejumlah kerusakan atau dinding rumah yang retak-retak dan itu akan menjadi catatan bagi tim verifikasi.

“Nanti, akan ada tim verifikasi untuk meninjau sejumlah bangunan atau rumah yang rusak ini. Masuk dalam kategori yang mana, rusak ringan, sedang atau kategori rusak berat,” terangnya.

Setelah itu, kata Herman, korban terdampak yang rumah atau bangunannya masuk kategori rusak dipastikan akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat, provinsi hingga Pemkab Sumedang.

Baca Juga :  Serukan Pemilu Damai, Forkopimda Sumedang Inisiasi Olahraga Bersama

“Sampai dengan hari ini, Posko Penanggulangan Bencana Gempa Sumedang terus mencatat laporan yang masuk. Hingga pukul 17.00 WIB, tercatat 1402 mengalami kerusakan bangunan yang terbagi menjadi 3 kategori yakni, rusak ringan sebanyak 1078 unit, bangunan rusak sedang ada 190 unit dan yang rusak berat terdapat 134 unit,” terangnya.

Tak hanya itu, sambung Herman, Posko Penanggulanan Bencana Gempa Sumedang juga membuka layanan donasi untuk korban gempa melalui Bank BJB nomor rekening 0139531515100 atas nama Pos Komando.

Baca Juga :  Pasang Sangkur, Pj Bupati Sumedang Kembali Menyapa dan Menyerap Aspirasi Warga

“Sampai dengan sore ini, donasi yang terkumpul sudah lebih dari Rp500juta. Bahkan, ada juga yang mengirim bantuan berupa sembako, keperluan sehari-hari dan lainnya,” kata Herman.

Olehsebab itu, pihaknya sangat mengapresiasi kepada para donatur, baik dari perorangan, perusahaan maupun instansi.

“Terimakasih sudah memberikan bantuan untuk para korban terdampak gempa. Tentu, kami juga akan mendistribusikan secepatnya kepada penerima manfaat yang juga korban terdampak gempa ke sejumlah wilayah di Sumedang,” tukas Pj Bupati Sumedang, Herman Suryatman. (*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button