Kategori
Politik

Dampak Sosial akibat Covid-19 Mulai Dirasa, Nurhasan : Percepat Pencairan Dana Bansos bagi Masyarakat Terdampak

JAKARTA,- Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PKS, H. Nurhasan Zaidi, meminta kemensos untuk melakukan percepatan pencairan dana bantuan sosial, terutama Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako ditengah kondisi Covid-19 yang sangat berdampak pada masyarakat kurang mampu. Hal itu disampaikan Nurhasan setelah mengikuti rapat internal virtual Komisi VIII di Jakarta (31/3/20).

“Covid-19 ini menyisakan dampak sosial ekonomi yang mulai terasa, terutama bagi kalangan masyarakat kurang mampu, berpenghasilan rendah, pekerja harian dan kalangan yang bekerja di sektor informal apalagi dengan kampanye social distancing dan anjuran tinggal dirumah demi mutus mata rantai penyebarannya,” ungkapnya.

“Untuk itu kita mendesak Kementerian Sosial untuk segera mengajukan skema program dampak sosial dari Covid 19 ini. Kita juga minta pencairan program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Sembako dipercepat. Tadi Komisi VII juga sepakat mendesak pemerintah agar dibuat program seperti BLT bagi mereka yang terdampak”, lanjutnya.

Legislator PKS dari daerah pemilihan Jabar IX ini menegaskan bahwa fokus kerja Komisi VIII yang membidangi sosial, agama, penanggulangan bencana, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di masa sidang ini adalah membantu percepatan penanganan wabah Covid 19 dan mengantisipasi dampak sosial nya.

“Kita sesalkan sikap pemerintah diawal yang cenderung lamban, tidak fokus dan over confident, padahal wabah Covid-19 ini tidak terlihat dan pergerakannya begitu cepat. Untuk itu Komisi VIII akan maraton rapat pekan ini dengan seluruh mitra kementrian dan lembaga. Fokus kita adalah percepatan penanganan Covid-19, apalagi ketua gugusnya adalah BNPB, mitra kita”, ujarnya.

“Kita akan sisir anggaran kementrian untuk di realokasikan terutama membantu ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD), ventilator, masker, dan alat medis lainnya yang dibutuhkan untuk penanganan warga yang positif Covid 19”, pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *