Pemerintahan

Butuh 12 Tahun! Presiden Jokowi Akui Pembangunan Tol Cisumdawu Terhambat Pembebasan Lahan

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan secara simbolis Jalan Tol Cisumdawu di Depan Terowongan Kembar (Twin Tunnel) yang berada di Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang, Selasa (11/07/2023).

Presiden Jokowi bersyukur proses pembangunan Tol ini telah selesai meskipun dalam prosesnya memerlukan waktu hingga 12 tahun lamanya.

Baca Juga :  Agenda Penting Dibalik Pertemuan Pimpinan PUI dengan Presiden Jokowi

“Alhamdulillah, pada hari ini, Jalan Tol Cisumdawu, Jalan Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan,” ucapnya.

Presiden Jokowi mengakui Pembangunan Jalan Tol yang menghabiskan biaya 18,3 triliun rupiah dan memiliki panjang 61,6 KM ini, terhambat dengan pembebasan lahan.

Baca Juga :  Agenda Penting Dibalik Pertemuan Pimpinan PUI dengan Presiden Jokowi

“Kita semuanya tahu Jalan Tol Cisumdawu ini sudah dimulai di bangun itu tahun 2011. Artinya sudah 12 tahun. Memang banyak problem di lapangan utamanya urusan pembebasan lahan, pembebasan tanah,” tambahnya.

Baca Juga :  Agenda Penting Dibalik Pertemuan Pimpinan PUI dengan Presiden Jokowi

Adapun dari 18,3 triliun biaya pembangunan jalan tol Cisumdawu tersebut, 9,07 triliun berasal dari Pemerintah. Sedangkan sisanya berasal dari Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Jokowi mengharapkan dengan diresmikannya Tol Cisumdawu akan mempermudah konektivitas menuju Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button