Sumedang

BPBD Sumedang Apresiasi Dapat Bantuan Sapras dari BNPB

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang akhirnya mendapat bantuan sarana dan prasarana (Sapras) penunjang penanggulangan kebencanaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Alhamdulillah, kami sudah menerima sejumlah bantuan Sapras dari BNPB, berupa Mobil Pick-up, Speedboat, 3 buah tenda dan sejumlah bantuan lainnya dari BNPB,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumedang Atang Sutarno kepada wartawan di Sumedang Jawa Barat (Jabar), Jum’at (7/4/2023).

Atang menghaturkan terima kasih kepada Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, Sekda Herman Suryatman, Asisten Sekda Bidang Pemkesra Agus Kori Hidayat yang telah bersedia bersama-sama melakukan audiensi dengan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto beserta jajaran di Kantor BNPB, Jakarta.

Baca Juga :  BPBD Pastikan Tak Ada Dampak Berarti Kala Sumedang Diguncang Gempa M 3,5

“Terimakasih kepada pa Bupati berserta jajaran yang bersedia untuk langsung menemui Kepala BNPB di Jakarta untuk membahas kondisi sarana dan prasarana penunjang kelancaran kegiatan penanggulangan bencana di Kabupaten Sumedang seperti kurangnya kendaraan taktis, rescue, gudang logistik dan peralatan serta penunjang lainnya,” ujar Atang.

Dengan adanya bantuan sarana dan prasarana penunjang kebencanaan itu, sambung Atang, dirinya berharap penanggulangan bencana di Kabupaten Sumedang menjadi lebih optimal.

“Kami berharap adanya bantuan ini dapat lebih mengoptimalkan kinerja BPBD Kabupaten Sumedang dalam penanggulangan kebencanaan,” ucapnya.

Baca Juga :  Terdapat Sesar Sumedang, Kota Tahu Jadi Sering Digoyang Gempa

Atang juga menyebutkan, bila pihak BNPB juga berjanji akan kembali memberikan bantuan Sapras untuk BPBD Kabupaten Sumedang di tahun 2024 nanti.

“Terimakasih juga kepada kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto beserta jajaran di Kantor BNPB yang telah membantu melengkapi Sapras dan mensupport BPBD Kabupaten Sumedang,” ucap Atang.

Seperti diketahui sebelumnya, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Sekda Herman Suryatman, Asisten Sekda Bidang Pemkesra Agus Kori Hidayat dan Kepala Pelaksana BPBD Atang Sutarno melakukan audiensi dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto beserta jajaran di Kantor BNPB, Jakarta, pada Senin (20/3/2023).

Baca Juga :  Desa Galudra Cimalaka Menjadi Titik Pusat Gempa Sumedang Berkekuatan M 3,5

Gayung pun bersambut, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto merespon positif dengan berupaya membantu kekurangan sarana dan prasarana tersebut.

Tahun 2023 ini, kata Suharyanto, pihaknya akan memberikan bantuan kendaraan roda empat berupa satu buah mobil pickup dan speedboat. Kemudian tahun 2024 akan dibantu double cabin dan lainnya.

Selain itu, pihak BNPB  juga akan membantu pembangunan DSP untuk masyarakat terkena bencana.

“Kami akan memberikan bimbingan dan bantuan kepada Sumedang mengenai mitigasi bencana dan berupaya membantu sarana dan prasarana tersebut. Sumedang ke depan akan banyak diperhatikan BNPB mengenai penanganan bencana,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button