CimanggungEkonomiSumedang

BLK Sumedang Dikritisi Kades Sawahdadap Soal Pelatihan Kerja

Kepala Desa Sawahdadap Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang, Ujang Suganda, melontarkan kritikan keras terhadap pelatihan kerja yang ada di Balai Latihan Kerja (BLK) Sumedang yang dinilai tidak sesuai dengan kebutuhan pabrik yang ada di wilayahnya.

Menurut Kades, wilayah Sawahdadap masuk kawasan industri yang ada di Kabupaten Sumedang, ada beberapa pabrik yang ada di wilayahnya. Sedangkan ia menginginkan rakyatnya bisa disalurkan masuk kerja di pabrik tersebut dengan kompetensi skill yang sesuai kebutuhan perusahaan.

Baca Juga :  Disnakertrans Sumedang Alokasikan DBHCHT untuk Pelatihan Kerja

“Pelatihan di BLK Sumedang sekarang itu hanya menjahit, ngelas, otomatif ringan dan sejenisnya. Padahal pabrik membutuhkan pelatihan di BLK yang ada mesin sesuai pasaran pabrik. Ini mau di terima bagaimana, sedangkan pabrik yang dibutuhkan bukan itu,” kata Kades saat dikonfirmasi wartawan melalui sambungan seluler, Jum’at (25/8).

Baca Juga :  Disnakertrans Sumedang Alokasikan DBHCHT untuk Pelatihan Kerja

Sedangkan, kata Kades, untuk BLK Sumedang harusnya pelatihannya menyiapkan mesin umum. “Untuk pelatihannya jika jauh saya siap memfasilitasi di desa. Sedangkan untuk mesinnya bisa pinjem dulu, bisa kerjasama dengan perusahaan,” terangnya.

Ia berharap, jika Sumedang tidak ingin ketinggalan oleh daerah lain skil tenaga kerjanya. Dan warga disekitar pabrik bisa masuk kerja, maka Dinas Tenaga Kerja harus survey terlebih dahulu ke pabrik dan melakukan koordinasi tentang keterampilan mesin apa yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Disnakertrans Sumedang Alokasikan DBHCHT untuk Pelatihan Kerja

“Nah, setelah ada hasil survey ke pabrik, Dinas Tenaga Kerja lapor kepada Bupati. Mesin apa yang dibutuhkan untuk BLK Sumedang yang sesuai kebutuhan pabrik. BLK pun harus menyesuaikan dengan kebutuhan skill dari perusahaan, jangan dia belajar otomotif tapi yang dibutuhkan permesinan umum. Jadi diperusahaannya gak nyambung gitu,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button