PemerintahanSumedang

Begini Kesiapan Sumedang Menuju ASEAN Smart City Networking

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Pj Sekda Tuti Ruswati, bersama salah satu ahli dari ASEAN Smart City Networking (ASCN) Erikeu beserta jajaran melakukan diskusi penting terkait persiapan Kabupaten Sumedang sebagai anggota ASEAN Smart City Networking di Kantor Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Desa Haurngombong, Pamulihan Sumedang Jawa Barat (Jabar), Jumat (5/7/2024).

Pemda Kabupaten Sumedang berencana memaparkan best practice terkait dengan keberhasilan penanganan stunting, kemiskinan, dan berbagai program pembangunan lainnya yang akan di selenggarakan di Laos dalam forum tingkat ASEAN.

Baca Juga :  Pj Bupati Sumedang Pastikan Akses Jalan Cisoka-Cibubut Mulai Dikerjakan Tahun Ini

“Ini merupakan langkah strategis untuk berbagi pengalaman dan mendukung upaya peningkatan kualitas pembangunan di kawasan ASEAN,” kata Pj Sekda Tuti.

Selain itu, sambung Tuti, Kabupaten Sumedang juga memiliki rencana untuk mengakselerasi kawasan perkotaan Jatinangor menjadi kawasan Smart City Jatinangor Digital Knowledge.

“Diharapkan kawasan ini dapat menjadi contoh nyata dari konsep Smart City Jatinangor Digital Knowledge yang mampu melahirkan inovasi-inovasi di bidang teknologi dan pengetahuan digital,” ungkapnya.

Baca Juga :  Anggota DPRD Sumedang Geram, Akses Jalan Legok-Sukatali Semakin Rusak

Sementara itu, ahli dari ASCN Erikeu mengatakan, pihaknya akan turut membantu Sumedang dalam menyusun proposal pendanaan kepada anggota-anggota ASCN.

“Ini adalah salah satu contoh, bagaimana Kabupaten Sumedang membuka pintu seluas-luasnya untuk kolaborasi dengan semua stakeholder baik itu dari investor dalam dan luar negeri, private sektor dan akademisi,” kata Erikeu.

Baca Juga :  Pj Bupati Sumedang Minta Camat dan Kades Optimalkan Tangani Kemiskinan Ekstrem

Ia berharap melalui kerjasama itu, kawasan Jatinangor dapat terwujud sebagai City of Digital Knowledge yang menjadi keunggulan Sumedang dan menjadi prototype yang nantinya akan direplikasi di kota/kabupaten lainnya di Indonesia maupun di tingkat ASEAN.

“Melalui kerjasama yang terjalin, Sumedang dapat menjadi contoh nyata bagi kota/kabupaten lain di Indonesia serta di ASEAN dalam mengimplementasikan konsep Smart City dan pengembangan kawasan berbasis digital,” katanya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button