Kuliner

Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok Segera Hadir di Sumedang

Makanan khas asal Kabupaten Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ayam Bakar Taliwang, akan segera hadir membuka cabang rumah makannya di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat.

Hal itu terlihat saat acara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-48 tingkat Kabupaten Sumedang di Lapangan Pusat Pemerintah Sumedang (PPS), Rabu (22/11/2023). Makanan khas asal Indonesia Timur itu membuka standnya pada Bazar UMKM dan Pasar Murah di Halaman depan PPS.

Baca Juga :  BPBD Sumedang dan BRIN Pasang Alat Early Warning System di Cimanggung

Pemilik Ayam Bakar Taliwang Warung Bunda Cabang Jakarta, Desi Ayu Rahmayanti, mengaku saat ini pihaknya sedang meraba-raba untuk membuka usaha tempat makannya di Kabupaten Sumedang.

“Ke Sumedang baru perkenalan di Bazar UMKM ini, kita belum buka cabang disini, masih meraba-raba, di Sumedang masih nyari-nyari tempat yang cocok,” kata Desi saat ditemui di standnya, Kamis (23/11).

Ia menjelaskan, Ayam Bakar Taliwang Warung Bunda sudah buka cabang di Bekasi 2 outlet dan di Jakarta 2 outlet, berdiri sejak Tahun 2006.

Baca Juga :  Tanggap Darurat Bencana di Sumedang Berakhir, Sekarang Tahap Transisi Rehabilitasi dan Rekonstruksi

Asal usulnya makanan khas Lombok ini, kata Desi, kalau dari sananya satu ekor ayam utuh yang disajikan. Namun karena kebutuhan konsumen yang berbeda jadi menyesuaikan keinginan pasar. Jadinya dijual perpotong sesuai porsi orang makan.

“Yang membedakan dengan ayam bakar lainnya, bumbunya bikin sendiri, bumbu tomatnya dadakan, lalapannya kangkung sama toge dan sambal pedasnya maknyus,” kata si Teteh asal Tanjungkerta Sumedang ini.

Baca Juga :  Identitas Pelaku dan Korban Peristiwa Berdarah di Sumedang Terungkap

Untuk menu makannya, kata Desi, ada banyak, mulai dari Ayam Bakar Taliwang, Ikan Bakar Taliwang, Bebek Bakar Taliwang, Ayam Kremes, Bebek Kremes, Ikan Kremes, Ayam Kalasan Madu, Ikan Kalasan Madu, Bebek Kalasan Madu, Ayam Penyet dan Plecing Kangkung. Sedangkan untuk harganya mulai dari Rp10 Ribu hingga Rp20 Ribu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button