Politik

Asep Tata, Eks Lulusan Kerja Jepang Jadi Caleg DPRD Sumedang

Lahir dan besar di Kabupaten Sumedang, banyak hal berbeda yang dirasakan oleh Tata Arnes ketika tinggal di Jepang. Asep pernah tinggal di Hokkaido dan sekitar Tokyo Jepang selama lima tahun. Dalam kurun waktu tersebut, Tata merasakan perbedaan yang jauh dari berbagai sisi antara Indonesia dan Jepang.

Mulai dari infrastruktur, kebiasaan masyarakat, peluang kerja dan lainnya. “lima tahun di Jepang membuat saya melihat orang Indonesia terkhusus orang Sumedang ternyata mampu bersaing di dunia kerja Jepang, bahkan sangat diminati,” ungkap pria yang akrab disapa Ncep Borju

Namun selepas Pria asal Desa Kertamukti Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang itu kembali ke tanah air, ia merasa tergerak untuk turut membangun tanah kelahirannya, Sumedang “Jalan-jalan dipelosok atau daerah banyak yang tidak layak untuk dilalui oleh kendaraan, saya berkeinginan untuk membantu membenahi ini,” ungkapnya kepada Tahuekspres pada Sabtu (23/12/203).

Lebih lanjut, ia tergerak untuk membantu anak muda yang banyak belum memiliki pekerjaan selepas menyelesaikan pendidikan, “makannya saya berfikir untuk membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut. Saya pun melihat dengan masuk di legislatif bisa membantu mendorong kebijakan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut, ” terangnya.

Dalam upaya mewujudkan misi tersebut, Asep memilih Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebagai kendaraan politiknya dalam Pemilu 2024. “PSI ini kan partainya anak-anak muda dan mengusung semangat anti korupsi, disitu saya tertarik,” terangnya.

 

Anak Muda Pondasi Bangsa

Selepas resmi menjadi Calon Anggota Legislatif, Tata mendapatkan nomor urut 1 di PSI untuk pemilihan anggota DPRD Kabupaten Sumedang untuk Daerah Pemilihan (Dapil) II yang meliputi Tanjungmedar, Surian, Tanjungkerta, Cimalaka, Buahdua, Surian.

Ia selalu teringat perkataan dari Presiden pertama Indonesia, Soekarno, yakni “berikan aku 10 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia”. Perkataan tersebut melecut dirinya untuk membantu anak muda supaya dapat berkontribusi bahkan bisa berdaya di luar negeri.

Asep Tata yang saat ini merupakan tenaga pengajar di salah satu lembaga pelatihan kerja yang khusus melatih putra-putri Indonesia supaya bisa bekerja ke Jepang. “dengan generasi Sumedang kerja ke Jepang dan sepulangnya dari Jepang, dapat membawa ilmu serta etos kerja orang Jepang agar Sumedang lebih maju lagi,” ungkapnya.

Selain itu ia pun tidak lupa dengan dengan para petani yang sering kesulitan dalam mendapatkan subsidi pupuk. “Skemanya sudah saya pikirkan supaya petani tidak terlalu terbebani ketika musim tanam tiba,” ungkapnya.

Ia pun berjanji tidak akan melakukan korupsi dan menjauhi money politik,”karena saat ini pun musim kampanye jika ada salah satu Caleg dari PSI melakukan money politik dan ketahuan oleh pengurus usat maka akan dicoret dari keanggotaan PSI dan jelas jika nanti sekalipun terpilih akan di diskualifikasi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button