Pemerintahan

APDESI Sumedang Terus Perjuangkan Siltap Perangkat dan Kepala Desa Cair Setiap Bulan, Begini Solusinya

Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Sumedang terus memperjuangkan penghasilan tetap (Siltap) perangkat dan kepala desa bisa dicairkan setiap bulannya.

Pada rapat yang digelar di Saung Teko Cimalaka, Rabu, 15 Maret 2023, APDESI, DPMD, BPJS, BPKA, Perwakilan Perangkat Desa di Sumedang membahas bagaimana solusinya agar Siltap perangkat dan Kepala Desa bisa cair setiap bulan.

Ketua DPC APDESI Sumedang, Welly Sanjaya, menyebutkan, permasalahan saat ini diketahui ada pada data yang ada.

Baca Juga :  Tuntut Pengesahan Revisi UU Desa, Ini yang Disuarakan Ketua APDESI Sumedang

“Jadi data perangkat yang ada di Sumedang masih belum sepenuhnya benar, sehingga ini menghambat pencairan,” kata Welly saat dikonfirmasi wartawan, Kamis) 16/3).

Ia menjelaskan, selama ini data perangkat tidak update, untuk itu kedepannya ia berharap data perangkat akan selalu update setiap bulannya.

“Barangkali setiap bulan kan ada saja yang pensiun, ada perangkat baru dan lainnya, jadi data harus benar-benar terupdate,” katanya.

Baca Juga :  Jelang Pilkada 2024, Forum Desa Bersatu Konsolidasi Penyamaan Persepsi Kepemimpinan Sumedang Kedepan

Data ini, kata Welly, sangat berpengaruh terhadap pencarian Siltap perangkat dan Kepala desa lantaran ada anggaran untuk BPJS perangkat dan Kepala Desa yang dibayarkan dari Siltap perangkat dan Kepala desa. Jadi kalau datanya salah, nanti bisa salah kamar anggarannya.

Untuk itu, kata Welly, setelah rapat kemarin ada pencerahan, yakni adanya aplikasi dari BPJS untuk mendata dan mengupdate data seluruh perangkat dan Kepala desa di Kabupaten Sumedang.

Baca Juga :  Jelang Pilkada 2024, Forum Desa Bersatu Konsolidasi Penyamaan Persepsi Kepemimpinan Sumedang Kedepan

“Mudah-mudahan, rencananya bulan depan aplikasi milik BPJS ini akan dipakai untuk mengupdate data perangkat,” ujar Welly.

Ia meyakini, dengan aplikasi online, bisa mempermudah pendataan dan update data perangkat setiap bulannya. Jadi tidak ada lagi istilah salah kamar.

Ditambah, menurutnya, Sumedang terkenal dengan SPBE yang baik, jadi sudah saatnya juga data perangkat desa harus online agar memudahkan pencarian Siltap setiap bulannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button