SosialSumedang

YBM PLN UP3 Sumedang Bantu Perbaiki MCK di Rancakalong

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – PLN UP3 Sumedang melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) telah menyerahkan Bantuan Perbaikan MCK (Mandi Cuci Kakus) untuk warga RT 02/RW 04 Dusun Ciledug Desa Sukasirnarasa Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang Jawa Barat (Jabar), Kamis (30/11/2023).

Bantuan itu diterima oleh perwakilan warga, Aki Suhayat dan Ketua RT setempat. Perbaikan MCK sangat ditunggu oleh masyarakat yang sehari-harinya menggunakan fasilitas umum tersebut.

Memanfaatkan air dari pegunungan, warga sekitar bahkan mengkonsumsi air yang dialirkan pada bak penampungan di MCK tersebut.

“MCK ini belum pernah mendapatkan perbaikan sama sekali selama 12 tahun terakhir digunakan. Perbaikan terakhir di bulan November tahun 2012.

Baca Juga :  Kapolres Sumedang Terjun Langsung, Bantu Warga Terdampak Angin Puting Beliung di Jatinangor

Kurang lebih 20 Kepala Keluarga (KK) yang memanfaatkan MCK ini untuk keperluan sehari-hari. Nganuhunkeun pisan (terimakasih yang sebesar-besarnya, red) ke PLN, atas bantuan yang telah diberikan kepada kami,” tambahnya,

Dikatakan, mayoritas mata pencaharian warga Dusun Ciledug sebagai buruh harian lepas. Jadi, sangat kurang memungkinkan untuk dapat memperbaiki MCK tersebut secara swadaya.

Kegiatan penyerahan bantuan perbaikan MCK itu merupakan salah satu upaya yang ingin dicapai oleh PLN untuk menjalankan bisnis secara seimbang dan berkesinambungan terutama untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dan lingkungan.

Baca Juga :  BPBD Sumedang Baru Mencatat 464 Rumah Rusak Akibat Gempa

Ditemui di tempat berbeda, Manager PLN UP3 Sumedang Eko Hadi Pranoto menyampaikan harapan agar bantuan tersebut bisa memberi dampak hidup yang makin baik bagi masyarakat sekitar.

“PLN berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan tanggung jawab sosial dan lingkungan secara berkelanjutan, salah satunya yang kami lakukan dengan menyalurkan bantuan perbaikan MCK di Dusun Ciledug ini melalui YBM,” tuturnya.

Ia mengatakan lingkungan yang bersih diharapkan dapat berdampak kesehatan masyarakat yang meningkat. Sehingga, kesetaraan kualitas kehidupan masyarakat pelan-pelan akan tercapai.

Baca Juga :  Dua Hari Jelang Pemungutan Suara Pemilu, Panwaslu Cimanggung Minta Alat Peraga Kampanye Ditertibkan

“Sejalan dengan tujuan SDG’s (Sustainable Development Goals) yang ingin diraih PLN, keberadaan MCK yang layak dan bersih agar dapat terwujud. Terlebih, masyarakat dengan kehidupan yang sehat dan sejahtera serta memperoleh air bersih juga fasilitas sanitasi yang baik,” tukasnya.

Sementara itu, General Manager PLN UID Jabar, Susiana Mutia menyampaikan apresiasinya atas kegiatan tersebut.

“PLN akan terus berkoordinasi dengan Forkopimda dan pemerintah daerah (pemda) setempat untuk dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat dan salah satunya adalah sektor kesehatan. Saya berharap pemanfaatan bantuan ini dapat menjadi berkah bagi masyarakat,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button