Peristiwa

Warga Panik, Gempa Bumi Guncang Sumedang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Gempa Bumi terasa mengguncang Kabupaten Sumedang Jawa Barat (Jabar) pada Minggu 31 Desember 2023. Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh TahuEkspres, Gempa dengan kekuatan 3,4 Magnitudo dengan pusat gempa berlokasi di darat pada jarak 3 km Timur Laut Kabupaten Sumedang pada kedalaman 6 km. 

Baca Juga :  Umuh Muchtar dan Kader Golkar Sumedang Apresiasi Hitung Cepat Prabowo - Gibran Unggul

Menurut salah satu warga Sumedang, Dede, gempa sangat terasa di wilayah Sumedang Kota dan membuat orang-orang menjadi panik, “saya lagi di Griya pada lari takut, terus ada gempa susulan,” ungkap warga Samoja Sumedang Selatan kepada TahuEkspres melalui pesan singkat.

Baca Juga :  Herman Suryatman: Platform Digital Jakarta Hanya Beda Kemasan dengan Sumedang

Badan Meteorologi klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebutkan bahwa gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat akibat aktifitas sesar aktif. Berdasarkan laporan dari warga Sumedang dan peta tingkat guncangan (shakemap), BMKG menyebutkan bahwa getaran dirasakan nyata dalam rumah atau skala intensitas III MMI.

Baca Juga :  PLN Pulihkan Jaringan Listrik Dampak Angin Puting Beliung di Jatinangor

BMKG belum bisa memastikan perihal kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi. BMKG pun menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button