Politik

Wajib Tahu! Begini Cara Seleksi PPS di Sumedang yang di Ikuti Ribuan Orang

Peserta seleksi PPS wajib mengikuti test CAT dan juga wawancara.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumedang, saat ini telah membuka pendaftaran untuk seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat Desa. PPS sendiri terdiri dari 3 orang, 1 ketua merangkap anggota dan 2 anggota, jadi untuk 1 desa akan terpilih 3 orang untuk menjadi PPS.

Sejak dibukanya pendaftaran 18 Desember 2022, hingga berita ini ditulis, sudah ada Dua Ribu lebih pendaftar.

Komisioner KPU Sumedang, Mamay Siti Maemunah Suhandi, selaku Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi masyarakat dan SDM, menyebutkan, pendaftaran dibuka 18 Desember 2022 sampai dengan 30 Desember 2022.

“Penelitian administrasi 19 Desember 2022 – 5 Januari 2023 dan untuk pengumuman lolos administrasi akan diberitahukan tanggal 6-8 Januari 2022,” terangnya.

Baca Juga :  Rapat Pleno Penetapan Hasil Pemilu 2024, Golkar Sumedang Semakin Gemilang Raih 10 Kursi di Parlemen

Mamay menjelaskan, sekurang-kurangnya, pendaftar di tiap desa minimal 6 orang, jika kurang maka waktu pendaftaran akan diperpanjang.

Seleksi PPS Menggunakan Test CAT dan Wawancara

Mamay mengatakan, untuk seleksi PPS dilakukan dengan metode seleksi menggunakan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pendaftar, atau lebih dikenal dengan test Computer Assisted Test (CAT).

“Jadi rencananya 9-14 Januari 2022 akan dilakukan test CAT, soalnya online langsung dari KPU RI,” kata Mamay kepada wartawan, Senin (26/12).

Ia melanjutkan, peserta yang akan dinyatakan lulus CAT paling banyak ditetapkan 3x jumlah kebutuhan atau 9 orang. Untuk selanjutnya akan mengikuti test wawancara.

Baca Juga :  Pemuda Muhammadiyah Ingatkan Independensi Profesionalisme KPU dan Bawaslu Sumedang

Rencananya, kata Mamay, peserta yang sudah mengikuti test wawancara akan dipilih 6 orang atau 2x kebutuhan. 3 orang terpilih sebagai anggota PPS dan 3 orang lagi pengganti.

“Wawancara rencananya akan melibatkan PPK, karena PPK sudah dilantik 4 Januari 2022 sebelum waktu test wawancara PPS,” kata Mamay.

Untuk waktu test wawancara Mamay belum bisa menjelaskan, lantaran masih fokus untuk persiapan test CAT.

“Nanti pihak PPK akan dilibatkan untuk test wawancara PPS didampingi oleh tim dari KPU Sumedang, akan tetapi keputusannya tetap ada di tangan KPU Kabupaten untuk menentukan PPS terpilih,” kata Mamay.

Baca Juga :  Rekapitulasi Suara Hasil Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten Sumedang Dimulai Hari Ini

Besaran Gaji Ketua dan Anggota PPS Desa

Sebagai informasi, besaran gaji PPS, Mamay menyebutkan, terdiri dari gaji Ketua dan Anggota.

Gaji Ketua PPS : Rp1.500.000/Bulan
Gaji Anggota PPS : Rp1.300.000/Bulan

Sedangkan untuk masa kerjanya, PPS mulai dilantik 24 Januari 2023 hingga berakhir 4 April 2024.

Cara daftar menjadi Anggota PPS Desa

Saat ini, KPU membuka pendaftaran bagi calon anggota PPS melalui laman resmi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) siakba.kpu.go.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button