Ekonomi

Tiga Inisiatif Baru Program Patriot Desa Di Mekarbakti Sumedang

Inisiatif Baru dari Program Patriot Desa di Desa Mekarbakti Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang yaitu pemberdayaan Desa lewat Taman Baca Masyarakat (TBM), pembentukan Kelompok Wanita Tani dan menjembatani para pelaku UMKM.

Program Patriot Desa sendiri merupakan program dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDesa) Provinsi Jawa Barat yang bertujuan untuk mewujudkan Visi Jawa Barat Lahir dan batin.

Agus Saefudin, sebagai Patriot Desa di Kabupaten Sumedang mengatakan program patriot desa merupakan implementasi peran penting pemuda dalam pengelolaan Desa.

“Program ini difokuskan sebagai peran penting pemuda sebagai komunikator, integrator dan Akselerator dalam mendorong penggerak lokal (Lokal Champions) agar mampu mengelola potensi potensi yang ada di Desa dalam dimensi sosial, ekonomi, dan lingkungan,” kata Agus kepada Tahu Ekspres, Jum’at (8/12).

Desa Mekarbakti, lanjutnya, merupakan salah satu dari sebelas desa yang ada di wilayah Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang terletak (±) 6 KM dari Kantor Camat Pamulihan dan (±) 18 KM dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang. Mayoritaskan penduduknya dengan mata pencaharian sebagai petani dan peternak.

Ia menjelaskan, sekarang Desa Mekarbakti mempunyai kelompok baru yaitu Kelompok Wanita Tani (KWT) Mandiri yang berlokasi di Perum Mekarbakti Residance yang juga berperan aktif dalam melestarikan lingkungan serta menumbuhkan ekonomi baru dimana dari hasil kerja kerasnya kelompok ini mempunyai produk unggulan desa yaitu bibit sayuran, media tanam, dan Pupuk organik Cair (POC) yang dapat di manfaatkan masyarakat khususnya komoditas pertani yang ada di Desa Mekarbakti.

Dimana produk ini, kata Agus, harus menjadi sharing profit bagi masyarakat luas karena menggunakan limbah kotoran hewan sehingga sedikitnya mengurangi persoalan limbah kotoran yang menjadi persoalan di Desa Mekarbakti.

Hasil pemetaan potensi wilayah yang di lakukan oleh Agus Saefudin sebagai Patriot Desa Sumedang selama bertugas setahun mendampingi penggerak lokal baik itu di bidang sosial, ekonomi, dan lingkungan menumbuhkan inisiatif baru yaitu Literasi untuk Desa Mekarbakti (Lumer), Gerakan Masyarakat Ekonomi Mandiri (Gemari) dan Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan (Gampil).

“Pada bidang Sosial kami mendirikan Taman Baca masyarakat (TBM) Al Fajar di bawah lembaga PKBM Al Fajar, Pada bidang ekonomi kami membuat grup WhatApp yang bernama Pasar Online Desa Mekarbakti dan terjaring ada sekitar 300 UMKM, Pada bidang Lingkungan membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT) serta mengadakan pelatihan pembibitan sayuran,” tambah Agus.

Agus berharap Patriot Desa mampu memberikan perannya dan bisa menebar manfaat untuk pemberdayaan Desa di Sumedang.

“Selama satu tahun saya mendampingi Desa Mekarbakti semoga dapat menebar manfaat dan mampu berdampak bagi pengembangan khususnya di tingkat Desa,” pungkasnya.

Kepala Desa Mekarbakti, Juju Juansa, mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah Provinsi Jawa Barat khususnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Desa atas penugasan Patriot Desa di Desa Mekarbakti. Dimana atas kehadiranya selama satu tahun banyak membantu masyarakat desa, khususnya dalam penanganan persoalan lingkungan, ekonomi dan sosial.

“Atas kehadiran patriot Desa di Desa Mekarbakti memiliki potensi baru, yang mana mesti di kembangkan dan di lestarikan oleh masyarakat,” tutur Juju.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button