EkonomiSumedang

Tarif Toll Cisumdawu Mahal? Ini Jawaban Direktur PT. CKJT

Pasca ditetapkannya tarif Jalan Toll Cisumdawu yang mulai berlaku Hari Selasa, 28 Februari 2023 Jam 00.00 malam ini, dinilai oleh sebagian masyarakat terlalu mahal.

Selain penetapan tarif baru untuk ruas Jalan Pamulihan – Sumedang Kota – Cimalaka, yang sebelumnya gratis. Ada juga penyesuaian tarif baru untuk ruas Jalan Cileunyi – Jatinangor – Pamulihan yang mengalami kenaikan tarif.

Sebagai contoh, paling murah untuk tarif ruas Jalan Cileunyi – Cimalaka Rp41.500 dan untuk ruas Cileunyi – Pamulihan, sebelumnya paling murah Rp11.000 sekarang jadi Rp14.500, mengalami kenaikan tarif.

Lantas, informasi tarif Toll Cisumdawu ini juga mengundang reaksi netizen, seperti pada kolom komentar postingan @tahuekspres yang memberitakan tarif Toll Cisumdawu pada Hari Minggu, 26 Februari 2023 :

@zainzm21 : Mahal sugan teh bade konsisten 1000 rupiah per KM

@den_goenawan : Mahal Wak

@arbani.pratama : Kabina bina teuing ah cimalaka ka paster 80rb pp ning pake mli hui cilembu 2kilo jeung tahu 40rb😂😂

Dikonfirmasi, Direktur PT Citra Karya Jabar Toll (CKJT), Bagus Medi Suarso, penetapan tarif dan penyesuaian tarif Toll Cisumdawu dinilai mahal karena memang ada investasi baru dalam pembangunan Toll Cisumdawu.

“Kenapa itu agak naik pertama adalah adanya biaya investasi. Jujur dengan kami membangun jembatan, juga keindahan lereng, kami ada investasi baru,” kata Bagus Medi saat jumpa pers dikantornya, Senin (27/2).

Menurutnya, penyesuaian tarif sudah disesuaikan dengan Willingness to Pay (WTP), artinya, kemampuan bayar warga sudah dikalkulasi.

“Tapi tolong, kami juga mohon dihargai dan diberikan apresiasi Bahwa kami sudah berkorban, atas apa yang sudah kami lakukan,” kata Bagus.

Pengorbanan pihak PT. CKJT, kata Bagus, yaitu penambahan investasi baru yang sedang dikerjakan saat ini. Sehingga hal tersebut menyebabkan tarif bertambah.

“Itu menjadi usulan kami kepada pemerintah dan itu tidak semua disetujui, ini memang domain pemerintah menghitung ya,” ujar Bagus.

Bagus menjelaskan, dengan adanya investasi baru, hal tersebut yang menyebabkan bertambahnya tarif jalan Toll dan dinilai terlalu mahal oleh sebagian masyarakat. Dalam hal ini juga, bagus mengakui sudah mengeluarkan triliunan rupiah untuk modal baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button