NasionalTeknologi

Tak Khawatir Mudik dengan EV, PLN UP3 Sumedang Resmikan 2 SPKLU Tambahan

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumedang telah meresmikan 2 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Rest Area KM 164 dan KM 166 pada ruas Tol Cipali, Rabu (3/4/2024).

Peresmian tersebut dilakukan serentak bersama 50 SPKLU lainnya di seluruh Jawa Barat (Jabar), yang merupakan upaya dari PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jabar untuk mengantisipasi lonjakan pengguna Electric Vehicle (EV) pada saat mudik nanti.

Total SPKLU yang beroperasi di seluruh Jawa Barat sebanyak 200 Unit EV charger yang tersebar di 141 lokasi berada pada 27 Kabupaten/Kota.

Saat meresmikan SPKLU, General Manager PLN UID Jabar, Susiana Mutia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat.

“Kami sangat mengapresiasi atas sinergi seluruh stakeholder terkait diantaranya ESDM, Dinas Perhubungan, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional, Kepolisian, PT Haleyora Power dan PT Icon Plus sehingga kami bisa menghadirkan 50 SPKLU dalam waktu kurang dari 1 bulan,” ucap Susi.

Baca Juga :  Petugas PLN UP3 Sumedang Diterjunkan, Pohon Rawan Tumbang di Jalur Cadas Pangeran Dibersihkan

Tak hanya itu, sambung Susi, ia juga memberikan apresiasi kepada pengelola seluruh Rest Area yang telah berkenan memberi ruang untuk memasang SPKLU.

“Kami mengucapkan terima kasih. Tentunya kolaborasi yang terjalin saat ini adalah untuk memastikan pengguna EV nyaman selama melakukan perjalanan mudik,” kata Susi.

Susi juga menyampaikan, bahwa PLN UID Jabar berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan ekosistem EV di Jawa Barat khususnya.

“Penyediaan tambahan layanan SPKLU hari ini, adalah salah satu bentuk dukungan PLN UID Jabar untuk mewujudkan tercapainya Net Zero Emissions di tahun 2060 atau lebih cepat,” tukasnya.

Baca Juga :  DPC PKB dan DPD PAN Sumedang Bersatu, Bangun Poros Baru Jelang Pilkada 2024

Sementara itu, Manager PLN UP3 Sumedang, Eko Hadi Pranoto menyampaikan, di wilayah PLN UP3 Sumedang sendiri sudah terpasang sebanyak 11 Unit EV charger yang tersebar di 8 lokasi. Terlebih, kedua Unit SPKLU yang baru terpasang mempunyai kapasitas gardu suplai masing-masing 400 kVA, sehingga sangat leluasa digunakan oleh Pelanggan.

“Type SPKLU yang terpasang semuanya fast charging, sehingga lebih cepat dalam pengisian dayanya nanti. Pelanggan tidak akan lama untuk dapat melanjutkan perjalanan kembali,” ujar Eko.

Menurut Eko, gardu terpasang sebagai suplai SPKLU juga lebih dari cukup untuk mengcover kebutuhan charging kendaraan.

“Jadi, pelanggan tidak perlu khawatir apabila ada lebih dari 1 kendaraan yang mengisi daya secara bersamaan,” ungkap Eko.

Salah satu pengguna EV yang ditemui di lokasi, Syaeful Rohman mengungkapkan sekarang sangat mudah untuk menemukan SPKLU.

Baca Juga :  Perkuat Infrastruktur SPKLU, PLN UP3 Sumedang Permudah Layanan Pengguna EV

“Kalau menggunakan mobil listrik pasti khawatir pada saat perjalanan jauh, apalagi takut habis batere. Tapi saat ini PLN sudah menyediakannya hampir di seluruh Rest Area,” ujar Syaeful.

Selain itu, sambung Syaeful, pengisian juga cukup cepat. Estimasi sisa batere 20 persen, memerlukan waktu kurang lebih 45 menit. Serta pelayanan petugas di kantor PLN maupun di Rest Area baik, juga tempatnya juga nyaman,” tutup Syaeful.

Diketahui, PLN juga telah menyediakan SuperApp PLN Mobile. Sehingga saat ini Pelanggan sudah bisa mengecek lokasi SPKLU terdekat. Bahkan apabila Pelanggan berminat untuk memasang home charging di rumah sendiri, juga bisa dilayani menggunakan aplikasi PLN Mobile. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button