PeristiwaRancakalongSumedang

Sudah 10 Hari, BPBD Sumedang Terus Lakukan Penyedotan Genangan Air di Blok Cihamerang Rancakalong

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang terus melakukan penyedotan di area genangan air yang merendam hektaran lahan pesawahan milik warga akibat adanya saluran air yang tersumbat oleh disposal Proyek Tol Cisumdawu di blok Cihamerang Desa Sukasirnarasa Rancakalong Sumedang Jawa Barat (Jabar), Senin (11/12/2023).

“Ya, hari ini merupakan hari ke 10 kami melakukan penyedotan luapan air di Blok Cihamerang. Penyedotan air dilakukan selama 24 jam. Terkecuali kalau kondisi dilapangan terjadi hujan. Maka, proses penyedotan dihentikan dulu, menunggu hujan reda,” ujar Atang Sutarno.

Baca Juga :  Disinyalir Ada Penyelewengan Anggaran Hingga Ratusan Juta, Warga Geruduk Kantor Desa Nagarawangi

Rencananya, sambung Atang, proses penyedotan genangan air di Blok Cihamerang itu akan dilakukan selama 30 hari.

“Hari ini merupakan hari ke10 kami melakukan penyedotan. Tinggal 20 hari lagi. Mudah-mudahan genangan air di Blok Cihamerang semakin surut,” ucap Atang.

Baca Juga :  Ternyata Komunitas Mobil Eksklusif Ini Menggelar Family Gathering di Sumedang

Tak hanya itu, sambung Atang, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Satker Tol Cisumdawu. Sehingga, akan dilakukan sodetan menggunakan alat berat guna membuat saluran air.

“Pengerjaan sodetan ini masih terus dilakukan. Yang diharapkan, genangan air yang merendam pesawahan warga ini secara berangsur semakin surut. Mengingat, genangan air tersebut akan melewati sodetan ini,” katanya.

Baca Juga :  Deteksi Bencana Secara Dini, Warga Desa Cipanas Sumedang Gotong Royong Jaga Kebersihan Lingkungan

Lebih dari itu, sambung Atang, peran BPBD Sumedang dilapangan terus melakukan tugasnya secara bergilir.

“Selain melaksanakan penyedotan, anggota kami dilapangan secara bergilir melakukan pemantauan dan bersiaga di area genangan air blok Cihamerang Rancakalong Sumedang Jabar,” tukas Atang Sutarno, Kalak BPBD Kabupaten Sumedang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button