KesehatanSumedangTanjungkerta

Sub Pekan Imunisasi Nasional Polio, Ibu Balita Antusias Datang ke Posyandu di Tanjungkerta

Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio untuk anak umur 0-59 bulan secara serentak mulai digelar hari Kemarin, Senin (3/4), diseluruh Posyandu yang ada di Jawa Barat. Hari ini, Selasa (4/4), kegiatan yang sama terus dilanjutkan, karena satu hari tidak dimungkinkan imunisasi digelar secara langsung di satu desa.

Seperti yang terjadi di Desa Sukamantri, Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang, sejak kemarin imunisasi sudah dimulai didua Posyandu, hari ini ada 5 Posyandu, jadi untuk satu desa kegiatan imunisasi dilaksanakan 2 hari di Desa Sukamantri dengan total 7 Posyandu.

“Alhamdulillah ibu-ibu yang memiliki balita secara antusias datang ke Posyandu untuk mengikuti kegiatan ini,” kata Iis Yulia, selaku bidan desa setempat kepada wartawan, Selasa (4/4).

Baca Juga :  Pencurian di Sebuah Ruko Tanjungkerta Sumedang Berkedok Pembelian Kopi

Menurutnya, sebelum dilakukan imunisasi, terlebih dahulu balita yang datang di screening oleh dokter dari Puskesmas. “Jadi boleh tidaknya di imunisasi tergantung dari hasil screening dokter,” kata Iis.

Menurutnya, bagi yang tidak lolos screening maupun yang tidak hadir pada saat pekan imunisasi di Posyandu. Ibu bidan dan petugas imunisasi dari Puskesmas akan melakukan sweeping ke rumah-rumah balita yang belum di imunisasi di Posyandu. “Target semuanya harus beres pekan ini,” terang Iis.

Selain dihadiri oleh pihak Puskesmas dan Ibu Kader Posyandu, kegiatan ini juga dihadiri oleh unsur TNI/Polri, yang membina desa tersebut. Ada dari pihak kecamatan, pendamping Posyandu, pihak desa dan juga penyuluh KB.

Baca Juga :  Pencurian di Sebuah Ruko Tanjungkerta Sumedang Berkedok Pembelian Kopi

Salah satu peserta, Eka Andriyani (22), yang memiliki balita umur 3 bulan, mengaku rela menyusul ke Posyandu yang bukan diwilayah lantaran saat kegiatan dirinya telat hadir. “Tadi saya lagi di kampung sebelah, pas ke Posyandu telat, jadi saya ikut ke Posyandu lainnya, kebetulan hari ini kata bu bidan ada 5 Posyandu yang menggelar imunisasi,” kata Eka.

Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Sukamantri, Asep Cahyana, turut berpartisipasi dalam proses imunisasi yang dilakukan oleh petugas kesehatan di Posyandu Teratai II Dusun Sukamantri RT 02 RW 03 Desa Sukamantri Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang.

Baca Juga :  Pencurian di Sebuah Ruko Tanjungkerta Sumedang Berkedok Pembelian Kopi

Dalam kegiatan itu, ia juga memastikan Pekan Imunisasi Polio berjalan dengan lancar dan sesuai dengan protokol kesehatan. Memastikan pula, ibu-ibu yang memiliki balita untuk bisa datang ke Posyandu.

“Dalam kegiatan monitoring ini, diharapkan masyarakat dapat lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan Pekan Imunisasi Polio,” kata Asep.

Ia juga berharap dengan kegiatan ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya imunisasi dan membantu mengurangi jumlah kasus Polio di wilayah Sukamantri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button