EkonomiSosialSumedang

Srikandi PLN UP3 Sumedang Salurkan Bantuan Penyambungan Listrik Gratis di Posyandu Situraja Utara

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Srikandi PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumedang telah meyalurkan bantuan penyambungan listrik gratis dengan menyalakan Posyandu Angkrek V di Dusun Sukaluyu Desa Situraja Utara Kecamatan Situraja Sumedang Jawa Barat (Jabar), Rabu (29/5/2024).

Diketahui, Posyandu Angkrek V memiliki 5 kader dan melayani 3 Rukun Tetangga (RT) yang terdiri dari 55 sasaran.

Posyandu merupakan kegiatan swadaya masyarakat dalam peningkatan pelayanan sosial dasar khususnya bidang kesehatan. Kegiatan Posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat dengan pembinaan serta dibantu pelaksanaannya oleh petugas kesehatan.

Ketua Posyandu Angkrek V, Yeny Triana menyampaikan terima kasih kepada PLN atas bantuan yang telah diberikan.

“Hatur nuhun untuk seluruh pegawai PLN atas bantuan listrik gratis untuk PLN. Semoga mendapat balasan kebaikan dari Alloh SWT,” ucap Yeny.

Baca Juga :  Tak Khawatir Mudik dengan EV, PLN UP3 Sumedang Resmikan 2 SPKLU Tambahan

Yeny melanjutkan, selama ini listrik bangunan Posyandu menyambung dari tower seluler yang ada dekat lokasi. Namun tidak leluasa dalam penggunaannya. Adanya listrik sangat membantu operasional Posyandu terutama apabila diperlukan aktifitas pada malam hari juga bisa memasang wifi sehingga memudahkan pelaporan kegiatan Posyandu.

Ditempat berbeda, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jabar, Susiana Mutia menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari implementasi program Light Up The Dream (LUTD) PLN.

“Ini merupakan program donasi dari pegawai PLN yang kemudian disalurkan dalam bentuk bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat,” terangnya.

Baca Juga :  Sejumlah Pekerja Tersengat Listrik di Jatinangor Sumedang, 1 Orang Tewas

Ia menyebutkan, program LUTD akan terus berkelanjutan untuk membawa terang sampai pelosok Jabar.

“LUTD juga merupakan program yang dapat secara langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Maka PLN berkomitmen akan terus menghidupkan program ini. Tidak hanya pada tarif Rumah Tangga saja, namun juga untuk Rumah Ibadah dan fasilitas umum lainnya,” ucap Susi.

Lebih jauh Susi menjelaskan keterlibatan Srikandi PLN pada program itu sebagai upaya PLN dalam peningkatan pembedayaan perempuan, khususnya pegawai PLN.

“Tidak hanya dalam internal perusahaan saja, Srikandi PLN juga diharapkan mampu untuk berperan lebih dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Dengan pengarusutamaan gender, PLN ingin membentuk karakter Srikandi yang anggun, cerdas dan tangguh serta memiliki kontribusi yang sama dengan pegawai laki-laki,” imbuh Susi.

Baca Juga :  Musrenbang RPJPD, Pj Bupati: Jumlah Kemiskinan Ekstrem di Sumedang Capai 6.730 Orang

Sementara itu, Manager PLN UP3 Sumedang, Eko Hadi Pranoto menyatakan, bahwa tema LUTD yang diusung kali ini merupakan inisiatif dari Srikandi PLN Sumedang.

“Srikandi PLN merupakan seorang ibu sekaligus pekerja. Sehingga naluri tersebut yang membawa kegiatan LUTD dapat terlaksana,” ujar Eko.

Lebih dari itu, sambung Eko, tujuan penyaluran tenaga listrik untuk fasilitas sosial diharapkan mampu dijangkau manfaatnya oleh lebih banyak masyarakat.

“Tentu saja dalam hal ini untuk menerima layanan kesehatan, dampaknya yang diinginkan adalah pastinya peningkatan kualitas hidup masyarakat,” pungkas Manager PLN UP3 Sumedang, Eko Hadi Pranoto. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button