Kategori
Uncategorized

Rumah Zakat Bantu Atasi Masalah Sampah di Desa Mekarjaya

Rumah Zakat melalui Relawan Inspirasi mengadakan kegiatan sosialisasi penanganan sampah rumah tangga di Desa Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara, Minggu (3/11).

Rumah Zakat  melalui Relawan Inspirasi mengadakan kegiatan sosialisasi penanganan sampah rumah tangga di Desa Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara, Minggu (3/11).

Kegiatan ini bekerjasama dengan Bank Sampah Induk Sumedang di bawah binaan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumedang. “Membantu program pemerintah dalam mengatasi masalah sampah plastik,” kata Kania Sukmayanti, Relawan Inspirasi Desa Mekarjaya.

Menurutnya, kegiatan ini sangat berguna, apalagi fakta mengatakan Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik laut terbesar kedua di dunia.

Ia menambahkan, melalui kegiatan ini bisa mengedukasi masyarakat dalam hal memilih dan memilah sampah mulai dari rumah dan lingkungan masing-masing dengan memisahkan sampah organik dan an organik agar menjadi kebiasaan.

Selanjutnya, kata Kania, potensi sampah an organik dan organik bisa menjadi peluang usaha yang menghasilkan uang jika di tampung dengan baik melalui Bank Sampah. Untuk itu, pihaknya melalui kegiatan ini, Desa Mekarjaya jadi memiliki bank sampah yang dikelola dengan baik ssehingga bisa menghasilkan uang.

“Ide awal adanya bank sampah ini, ketika mengetahui bahwa Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia, dan melihat lingkungan sekitar khususnya di Desa binaan Mekarjaya masih belum ada penanganan khusus dalam pengelolaan sampah,” kata Kania.

Dari beberapa pelatihan yang diikutinya, ia terfikir ide untuk menjadikan sampah yang ada dilingkungan desa binaannya menjadi peluang usaha. maka terbentuklah Bank Sampah ‘Berkah Berdaya’ yang akan menjadi unit usaha dari BUMMAS Berkah Berdaya yang sedang dirintisnya.

Program bank sampah ini pun mendapat respon yang baik dari warga sekitar, salah satunya Endi, Ketua RT 04 RW 05 Desa Mekarjaya. “Alhamdulillah dengan adanya bank sampah bisa memberdayakan masyarakat dan menjadikan lingkungan lebih bersih dan bisa menjadi peluang penghasilan untuk warga,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ahmad Tajudin, ketua Bank Sampah Induk Sumedang mengapresiasi langkah Relawan Inspirasi dalam menangani masalah sampah di desa binaannya. “Dengan adanya kemitraan ini bank sampah induk Sumedang sangat mengapresiasi dan sangat membantu tugas dari program pemerintah dalam menanggulangi sampah,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *