Peristiwa

Rumah, Motor hingga Mobil Tertimbun Longsoran Tanah di Cibugel Sumedang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG –Terjadi longsor dan banjir yang merendam beberapa rumah dan kendaraan bermotor di Dusun Parakanpanjang RT 05 RW 03 Desa Cipasang Kecamatan Cibugel Kabupaten Sumedang pada Selasa (02/05/2023). Menurut laporan BPBD Sumedang Hujan Deras menjadi penyebab terjadinnya longsoran tanah itu.

Kepala Pelaksana BPBD Sumedang, Atang Sutarno menjelaskan, hujan dengan intensitas tinggi dan cukup lama mengakibatkan terjadinya longsor yang kemudian menutup sungai Cidemak sehingga mengakibatkan banjir bandang karena air terbendung longsoran.

Banjir Bandang membawa material lumpur yang kemudian masuk ke pemukiman warga hingga terendamnya 2 rumah dengan ketinggian bervariasi dengan rata-rata kurang lebih 1 meter.

“(Longsor) di Parakan Panjang hilang motor terus mobil belum dievakuasi dan rumah 2 tertimbun,” ucap Atang Sutarno.

Selain rumah ada kendaraan yang terdampak diantaranya sebuah mobil dengan type APV dan 2 sepeda motor dengan Type Motor Beat dan Supra X yang tersapu material longsoran tersebut.

‘Saat ini 2 sepeda motor tersebut masih tertimbun dan belum bisa diketahui disebelah mana,” jelasnya.

Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sumedang langsung melakukan assissment ke lokasi kejadian berkoordinasi dengan FORKOPIMCAM Cibugel melakukan pembersihan material dengan alat seadanya.

Kerugian ditaksir tidak kurang dari Rp60.000.000 (Enam Puluh Juta Rupiah), adapun Pemilik rumah yang terdampak saat ini sudah mengungsi ke rumah saudaranya masing-masing yang jauh dari lokasi kejadian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button