AgamaSosialSumedang

Ribuan Anak Sekolah Dapat Bantuan Biaya Pendidikan, Bupati Sumedang Apresiasi Program Baznas

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir didampingi Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas secara simbolis menyalurkan Bantuan Biaya Pendidikan kepada sekitar 3000 anak sekolah dari mulai tingkat SD hingga Perguruan Tinggi di Gedung Islamic Center Sumedang Jawa Barat (Jabar), Senin (28/8/2023).

Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ayi Subhan Hafas menyebutkan, salah satu permasalah dalam penyelenggaraan pendidikan yaitu masih banyaknya anak didik dari keluarga kurang mampu yang kesulitan dana pendidikan.

“Program kali ini guna meminimalisir permasalahan itu. Jadi Baznas Kabupaten Sumedang mulai dari tahun 2019 sampai dengan 2022 telah menyalurkan bantuan rata-rata setiap tahun sebesar Rp 1,1 miliar untuk sekitar 2500 anak didik kurang mampu.

Kuotanya hanya 2 sampai dengan 3 anak didik pada setiap sekolah pertahun yang tentunya dinilai masih jauh dari kebutuhan yang sebenarnya,” ucap Ayi.

Baca Juga :  BAZNAS Sumedang Serahkan Infak Kemanusiaan Rp 461 Juta untuk Palestina

Menurutnya, upaya yang dilakukan Baznas sebagai ikhtiar untuk mengatasi permasalah tersebut meskipun dirasa masih kurang. Sehingga, kini akan mencoba melakukan inovasi. Salahsatu upaya yang ditempuh Baznas Kabupaten Sumedang adalah dengan mengoptimalkan penghimpunan infaq atau sedekah berbasis komunitas pendidikan melalui Program Baznas Goes To School dengan tema, Dari Kita Untuk Teman Kita.

“Tentu saja program ini berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sumedang dalam mewujudkan kepedulian sosial di lingkungan pendidikan melalui Infaq dan Sedekah

Sejatinya, program ini akan disosialisasikan melalui Dinas Pendidikan terlebih dahulu. Namun yang sudah meminta terlebih dahulu Kemenag dan minggu lalu Baznas sudah menyosialisasikan program Baznas Goes to School kepada para kepala madrasah se-Kabupaten Sumedang,” katanya.

Insya Alloh, sambung Ayi, diwaktu dekat Baznas akan menyosialisasikan juga pada sekolah-sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan.

Baca Juga :  Program Indonesia Makmur Baznas RI, 25 Mustahik Warga Cijeungjing Sumedang Dapat Bantuan Hewan Ternak

Sebagai perwujudan komitmen dalam pengelolaan perzakatan, Ayi mengatakan bila hari ini Baznas Kabupaten Sumedang melaksanakan Gebyar Pemberdayaan Zakat Program Sumedang Cerdas.

‘Ini merupakan wujud komitmen dalam pengelolaan perzakatan. Hari ini BAZNAS Kabupaten Sumedang melaksanakan Gebyar Pemberdayaan Zakat Program Sumedang Cerdas. Adapun untuk bantuan biaya pendidikan yaitu, Tingkat SD/MI sebanyak 1435 orang, SMP/MTs ada 487 orang, SMA/SMK/MA sebanyak 400 orang dan untuk Perguruan Tinggi sebanyak 86 orang dengan total bantuan yang disalurkan kurang lebih 1 miliar,” paparnya.

Dikatakan, Baznas Sumedang berkomitmen akan tetap menjadi badan pengelolan zakat yang handal, dengan memegang teguh prinsip 3 Aman yaitu Aman Syar’i, Aman Regulasi dan aman NKRI.

Di kesempatan itu, Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengapresiasi atas kinerja dan Program Baznas yang terus melakukan ikhtiar-ikhtiar untuk kemanfaatan kepada masyarakat melalui program unggulannya.

Baca Juga :  Program Indonesia Makmur Baznas RI, 25 Mustahik Warga Cijeungjing Sumedang Dapat Bantuan Hewan Ternak

“Saya berharap Baznas semakin maju, semakin bergairah, semakin efisien dan efektif dalam menjalankan tugas-tugasnya dan terbukti bermanfaat kepada masyarakat untuk mewujudkan visi Sumedang Simpati,” ucap Bupati.

Bupati Dony juga berterima kasih kepada para Muzaki, para guru yang berada dibawah Dinas Pendidikan, PGRI dan Kementerian Agama.

“Terima kasih kepada seluruh Muzaki atas partisipasinya. Atas pemberian zakat, infaq dan sedekahnya. Karena apa yang telah disalurkan kini terbukti telah disalurkan dengan baik, serta efektif dan efisien,” ucapnya.

Bupati berharap, agar Baznas melalui UPZ terus meningkatkan penghimpunannya. Karena akan berdampak pula terhadap manfaatnya.

“Saya titip pesan kepada Baznas, menghimpun yang banyak dan maksimal. Menyalurkan yang efektif dan efisien, serta tepat sasaran. Jadi setiap uang yang disalurkan harus dirasakan manfaatnya,” pungkas Bupati Dony Ahmad Munir. (*)

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button