Peristiwa

Puluhan Rumah Rusak dan Ratusan Warga Babakan Hurip Sumedang Dievakuasi Akibat Gempa 

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Gempa Bumi terasa mengguncang Kabupaten Sumedang Jawa Barat (Jabar)hingga 3 kali guncangan, Minggu (31/12/2023). Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh TahuEkspres, Gempa pertama berkekuatan 4.1 Magnitudo, kedua 3.1 dan ketiga 4.8 yang terasa pada Minggu(31/12) malam sekira jam 20.35 WIB.

Penjabat Bupati Sumedang, Herman Suryatman menyampaikan, Ada beberapa titik pemukiman warga di Kabupaten Sumedang yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi.

Baca Juga :  Sehari Terjadi Longsor di Enam Titik, Ini Respon BPBD dan Polres Sumedang 

Namun Herman menyebutkan untuk pemukiman warga yang paling terdampak adalah di Lingkungan Babakan Hurip Kelurahan Kotakaler Kecamatan Sumedang Utara. “Kurang lebih ada 53 rumah yang retak nanti saya jelaskan satu -satunya,” imbuh Herman.

Baca Juga :  PKS Sumedang Fasilitasi Tenda Bagi Warga Waspada Gempa

Lebih lanjut, Herman mengatakan sekitar 200 keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan baik retak dan rusak berat sudah dievakuasi dan ditempatkan di tenda-tenda darurat yang telah disiapkan.

“Barusan kami sudah evakuasi, ke 3 tempat lapangan, dan saya juga sudah tugaskan BPPD untuk melakukan assasment, mana -mana saja rumah yang disekat, tentu kita akan tempatkan warga di tenda-tenda darurat,” pungkasnya.

Baca Juga :  Dampak Gempa Sumedang, Siswa SDN Sudapati Belajar di Tenda Terpal Akibat Bangunan Rusak 

Salah satu warga Lingkungan Babakan Hurip, Neneng, mengatakan beberapa rumah warga dan fasilitas warga mengalami kerusakan, “rumah saudara ibu ambruk, posyandu aster 13 juga ambruk dalamnya,” ungkap Neneng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button