NasionalRamadhanSumedang

PLN UP3 Sumedang Pastikan Keandalan Listrik Jelang Idul Fitri 1445 H

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Sumedang, Eko Hadi Pranoto bersama petugas teknis berikut mitra kerja mengikuti Apel Siaga Kelistrikan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H secara daring yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PLN Darmawan Prasodjo di Halaman Kantor PLN UP3 Sumedang Jawa Barat (Jabar), Sabtu (6/4/2024).

“Kegiatan Apel Siaga Kelistrikan yang dilaksanakan pagi ini bertujuan untuk memastikan keandalan pasokan tenaga listrik saat Ramadhan dan Idul Fitri nanti dalam kondisi baik,” ujar Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo.

Ia memastikan, kondisi energi primer aman, HOP stok batubara diatas 20 hari operasi, pembangkit dalam kondisi prima. Bahkan, sistem transmisi termasuk daerah 3T dalam kondisi aman.

Tidak hanya itu, Darmawan juga menyebutkan Infrastruktur ketenagalistrikan sebagai dukungan suksesnya mudik juga ditambah.

Baca Juga :  Srikandi PLN UP3 Sumedang Salurkan Bantuan Penyambungan Listrik Gratis di Posyandu Situraja Utara

“Posko yang disiapkan lebih dari 2700 lokasi, dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Bagi pengguna EV, PLN sudah mempersiapkan 1300 SPKLU dari Pulau Sumatera sampai sepanjang pulau Jawa. Terutama di Rest Area Lengkap SPKLU,” ujarnya.

Dikatakan, PLN juga menyiapkan Call Center juga WA chat di nomor 087771112123 untuk membantu kendala pengguna EV diperjalanan.

“Tujuan PLN adalah agar seluruh masyarakat bisa menikmati lebaran yang bahagia, serta tenang dan khusu’ dalam beribadah tentunya dengan listrik aman dan andal serta kualitas pelayanan yang baik,” ucap Darmawan.

Menurut Darmawan, selain memastikan petugas dalam keadaan siap siaga, apel pagi tadi juga adalah agar meyakinkan kembali seluruh peralatan pada kondisi laik untuk dipergunakan sebagai pendukung kinerja seluruh petugas sehingga optimal.

Dalam keterangannya hari ini, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (PLN UID Jabar), Susiana Mutia menyebutkan PLN UID Jawa Barat telah menyiapkan pedoman siaga Ramadhan dan Idul Fitri 2024.

Baca Juga :  PLN UP3 Sumedang Pastikan Seluruh Layanan Siaga Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H

“Pedoman ini merupakan acuan seluruh manajemen juga petugas terkait selama siaga. Hal ini juga merupakan upaya PLN UID Jabar untuk mendukung kelancaran dan pengamanan penyediaan tenaga listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini,” ujar Susi.

Selain itu, sambung Susi, pedoman siaga tersebut dimaksudkan agar apabila terjadi gangguan atau force majeur yang tidak diharapkan, dapat segera diantisipasi atau dipulihkan dengan lebih cepat.

Hal senada diungkapkan Eko Hadi Pranoto, Manager PLN UP3 Sumedang yang ditemui seusai acara pagi tadi.

“Total seluruh petugas yang bersiaga pada Ramadhan dan Idul Fitri di wilayah kerja PLN UP3 Sumedang sebanyak 65 pegawai dibantu lebih dari 300 petugas teknik dan 32 personil mitra kerja, didukung 4 unit gardu bergerak (UGB), 1 UPS serta 2 unit genset,” ucap Eko.

Baca Juga :  Tanpa Mahar, Desk Pilkada DPC PKB Sumedang Mulai Buka Pendaftaran Bakal Cabup dan Cawabup

“Kami juga sudah petakan rumah ibadah, juga titik lokasi shalat Idul Fitri lainnya, lokasi-lokasi penting dan juga jalur mudik. Sehingga mempermudah kami memitigasi juga meminimalisir risiko terjadinya gangguan penyaluran listrik,” kata Eko.

Dikatakannya, untuk meningkatkan kenyamanan para pemudik yang melintas, PLN UP3 Sumedang juga telah menyiapkan beberapa titik posko mudik.

“Bagi pemudik yang ingin istirahat sejenak dari perjalanan, kami siapkan 5 posko mudik yang tersebar di unit kami dari Tanjungsari, Sumedang, Majalengka juga Jatiwangi,” ungkapnya.

“Khusus pengendara EV, anda bisa mudik dengan nyaman. Karena sudah tersedia SPKLU di sepanjang jalur mudik, baik di kantor-kantor PLN juga di Rest Area. Silahkan cek melalui aplikasi PLN Mobile untuk memantau lokasi EV charger terdekat,” tukas Eko. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button