PemerintahanSosialSumedang

Platform Digital Sumedang LRT Diluncurkan, Berbagai Informasi Seputar Mudik Lebaran Disajikan

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat sekaligus menyambut hari raya Idul Fitri 1444 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang meluncurkan inovasi lebaran.sumedangkab.go.id atau Sumedang Lebaran Realtime (Sumedang LRT).

“Ini merupakan sebuah platform digital yang memberikan layanan terbaik 1 x 24 jam kepada masyarakat, khususnya para pemudik.

Kami akan manjakan warga Sumedang dan pemudik dengan layanan realtime. Ini juga merupakan sebuah layanan terobosan yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Herman Suryatman kepada wartawan di Sumedang Jawa Barat (Jabar), Jum’at (21/4/2023).

Baca Juga :  Upload Foto Bareng Prabowo ditengah Hasil Cepat Pilpres 2024, Pj Bupati Sumedang beri Sinyal soal Sekda Jabar?

Menurutnya, hakekat pemerintahan adalah memiliki peran dalam meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat. Jadi, pemerintah harus berpusat pada kepentingan masyarakat (human centric).

“Pemerintahan ada untuk rakyat. PR nya adalah menyejahterakan dan membahagiakan rakyat. Terlebih, lebaran merupakan momentum penting dalam tradisi masyarakat Indonesia. Karena itu, kami berupaya memberikan layanan terbaik pada momentum lebaran ini,” ucapnya.

Herman menjelaskan, Sumedang LRT merupakan layanan paling depan di Indonesia untuk memudahkan warga menikmati keindahan dan keberkahan hari raya Idul Fitri 1444 H. Bagaimana tidak, semua kebutuhan masyarakat disediakan secara digital.

Baca Juga :  Pemkab Sumedang Pastikan Segera Perbaiki Saluran Irigasi Blok Kedung yang Jebol

Mulai dari informasi kemacetan dan kecelakaan realtime, panduan jalur mudik balik, informasi fasilitas sosial fasilitas umum, layanan kedaruratan kesehatan dan kedaruratan bencana, info layanan RSUD, termasuk informasi harga bahan pokok penting (bapokting), inflasi dan lainnya.

“Semua layanan tersaji di Sumedang LRT. Masyarakat dengan mudah bisa mengakses informasi apa saja secara komunikatif. Kami yakin dengan akses informasi yang cepat dan mudah, banyak hal bisa diatasi. Misalnya, macet bisa dicegah, sakit yang lebih parah bisa dicegah, dampak negatif bencana bisa diminimalisir, keterlambatan bisa dihindari, dan lain sebagainya,” terang Herman.

Baca Juga :  Pj Bupati Herman Suryatman: Kabupaten Sumedang Akan Luncurkan City Branding

Dikatakan Herman, lebaran di Sumedang kali ini akan lebih mudah, indah dan berkah. “Itulah hakekat layanan publik yang berpusat pada kepentingan masyarakat atau human centric. Itu pula esensi dari society 5.0,” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button