Pemerintahan

Perwakilan BKKBN Jabar Selenggarakan ADUJAK GenRe Jawa Barat 2022

TAHUEKSPRES.COM,BANDUNG- Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat mengadakan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas (ADUJAK) Generasi Berencana (GenRe) tingkat Jawa Barat tahun 2022.

Puncak kegiatan ADUJAK diselenggarakan di Hotel Grand Sunshine Kabupaten Bandung 18-20 Desember 2022. ADUJAK ini dihadiri Bunda GenRe Kota/Kabupaten, para Kepala Dinas beserta jajarannya, para aktivis remaja, beserta remaja seluruh Jawa Barat yang hadir untuk mendukung jagoannya

Koordinator bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK), Elma, menjelaskan bahwa ADUJAK GenRe Jawa Barat 2022 sudah berlangsung dari bulan November yang diisi dengan perlombaan PIK Remaja berbagai segmentasi, Bina Keluarga Remaja, Forum GenRe, maupun Duta Genre se-Jawa Barat.

Kepala perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Wahidin, menjelaskan salah satu program untuk mengedukasi pada remaja yaitu Program GenRe. Ayah Wahid –sapaan akrabnya- mengingatkan remaja Jawa Barat supaya menghindar dari pernikahan dibawah usia ideal menikah, menghindari seks bebas, dan tidak terkena Napza.

Baca Juga :  Herman Ajak PPPK 2023 BKKBN Jawa Barat Citrakan Baik Program dan Lembaga

Menurut Ayah Wahid, tiga hal tersebut apabila dihindari akan membawa dampak positif pada percepatan penurunan angka stunting.

Maka hal tersebut menjadi salah satu alasan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat dalam ADUJAK GenRe 2022. Serta mengukuhkan perwakilan Duta GenRe tingkat desa dari 27 Kota kabupaten di Jawa Barat dalam rangka program percepatan penurunan stunting supaya tersampaikan secara lebih masif.

Ayah Wahid menyampaikan bahwa salah satu bentuk agen perubahan yang coba dibentuk oleh BKKBN melalui program PKBR, adalah Duta Generasi Berencana (Duta GenRe).

Lebih jauh Ayah Wahid menekankan bahwa Duta Genre merupakan sosok yang akan menjadi penyampai dan contoh sosial untuk Program GenRe bagi remaja-remaja lainnya.

Baca Juga :  Herman Ajak PPPK 2023 BKKBN Jawa Barat Citrakan Baik Program dan Lembaga

“Duta GenRe memegang peranan penting untuk menyosialisasikan Program Bangga Kencana, khususnya dalam Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR). Melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan sehingga mereka mampu melewati 5 transisi kehidupan masa remaja dengan baik,” ujar Ayah Wahid.

Ayah Wahid pun mengharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan inspirasi dan membangun semangat untuk terus berinovasi dalam memberikan yang terbaik bagi remaja-remaja di daerah masing-masing.

Duta GenRe Jabar 2022

Dalam perkenalan semua finalis Duta GenRe Jawa Barat, 24 Pasang Duta GenRe Kota Kabupaten di Jawa Barat memperkenalkan diri sembari didampingi oleh Bunda GenRe masing-masing Kota Kabupaten Se Jawa Barat.

24 Pasang Duta GenRe ini akan kerucutkan menjadi10 pasang terbaik, kemudian disaring lagi menjadi lima pasang terbaik. Lima pasang terbaik tersebut langsung dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari perwakilan Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Barat, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat, Forum GenRe Indonesia, dan Star Jabar.

Baca Juga :  Herman Ajak PPPK 2023 BKKBN Jawa Barat Citrakan Baik Program dan Lembaga
Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, bersama Bunda GenRe Kabupaten/Kota se Jawa Barat dan Finalis Duta GenRe Jawa Barat saat menghadiri AJUDAK 2022 di Hotel Grand Sunshine Kabupaten Bandung, Selasa (20/12/2022) (Foto: Irfan.hq)

Setelah melalui beberapa tahapan, pada akhirnya terpilihlah Jason Maxwell dari Kota Cimahi sebagai Duta GenRe Provinsi Jawa Barat (Putra) dari Meita Choppypah dari Kota Depok Duta GenRe Provinsi Jawa Barat (Putri).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button