Politik

Panwaslu Kecamatan Tanjungkerta Lantik 108 Pengawas TPS untuk Pemilu 2024

Sebanyak 108 Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Tanjungkerta untuk Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 telah resmi dilantik oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Tanjungkerta di Gedung Dakwah Sudimampir Desa Cipanas Kecamatan Tanjungkerta Kabupaten Sumedang, Senin (22/1/24).

“Hari ini kami Panwas Tanjungkerta bisa melantik 108 PTPS dan sekaligus membimtek yang dilantik,” terang Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjungkerta, Peri Gunadi saat diwawancara Tahu Ekspres disela-sela kegiatan.

Baca Juga :  Panwaslu Kecamatan Sumedang Selatan Awasi Ketat Pendistribusian Logistik Pemilu 2024

Untuk isi Bimbingan Teknis (Bimtek) PTPS hari ini, kata Peri, yang pertama adalah tugas dan wemenang dari PTPS itu sendiri. Karena tugas dan wemenang harus mereka kuasai. Kemudian yang kedua terkait materi pengawasan teknik penyelenggaraan di TPS. Karena kalau tidak mengerti masalah teknik penyelenggaraan pengawasannya nanti bisa kurang optimal.

Baca Juga :  Satpol PP Bersihkan Billboard Konten Kampanye di Sejumlah Wilayah Sumedang

Kemudian, lanjutnya, dijelaskan juga apa saja hak-hak PTPS yang akan diberikan oleh negara seperti honorarium dan lain-lain.

“Harapan dari kami, penyelenggara di tingkat Panwascam Tanjungkerta. Diharapkan petugas PTPS semakin mengetahui tugasnya masing-masing bagaimana dia mengawasi di TPS.

Jangan sampai Panwas PTPS tidak mengetahui apa yang akan mereka lakukan nanti,” katanya.

Baca Juga :  Hadapi Masa Kampanye Terbuka Pemilu 2024, Panwaslu Kecamatan Sumedang Selatan Sangat Siap

Secara tupoksi, menurut Peri, tugas utama dari PTPS adalah nanti pas hari H dan selanjutnya dari tanggal 23 Januari sampai ke 14 februari 2024, mereka dilibatkan dalam proses pengawasan kampanye, pengawasan pembersihan APK dan lain-lain.

“Apalagi di masa tenang, mereka akan disiapkan pengawasan di wilayah TPS masing-masing,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button