Opini

Outing Class, Petualangan Seru dan Menyenangkan Bersama Teman-teman Kecil

Oleh : Ricka Marcyana, S. Pd

Outing Class adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Anak-anak akan diajak berkunjung ke suatu tempat dan belajar banyak hal di sana. Hal yang menyenangkan karena mereka berada pada suasana yang berbeda.

Hari-hari biasa, mereka belajar di sekolah, tetapi pada saat outing class mereka akan belajar di luar sekolah. Selain menyenangkan, kegiatan outing class juga banyak sekali manfaat yang bisa anak-anak dapatkan. Mengikuti outing class, anak-anak akan mendapatkan pengalaman belajar di luar kelas. Mereka menjadi lebih dekat dengan sumber belajar yang sebenarnya, karena outing class mengajak mereka bertemu dengan tema pembelajaran secara nyata.

Beberapa rekomendasi tempat kegiatan outing class yang bisa dilakukan di wilayah Jatinangor adalah :

Berkunjung ke Peternakan di Fakultas Peternakan Unpad

Menyenangkan sekali bisa melihat hewan ternak secara langsung dan berinteraksi dengan hewan-hewan yang ada di sana. Ada sapi, kelinci, kambing serta ayam. Anak-anak semakin tahu tentang hewan-hewan tersebut dari tempat hidupnya, makanannya, siklus hidupnya, pemanfaatannya dan lain-lain.

Tentu akan bermacam-macam reaksi anak-anak ketika berada di sana, ada yang tampak sangat bersemangat, tetapi ada juga yang masih takut-takut dan ragu-ragu sehingga hanya mengamati dari kejauhan saja sambil menahan rasa penasaran.

Berkunjung ke Museum

salnya museum Zoologi yang bertempat di komplek ITB Jatinangor. Tempat ini menyimpan begitu banyak koleksi hewan dan tumbuhan yang telah diawetkan sehingga anak-anak bisa melihat hewan-hewan yang sudah hampir punah bahkan ada juga hewan yang sudah punah dipajang di museum ini.

Beragam hewan dengan beragam umur dan jenis dipamerkan di museum ini, termasuk janin manusia berusia 3 atau 4 bulan ikut juga dipajang di sini. Awetan janin ini lah salah satu hal yang menarik anak-anak.

Mereka semakin tahu seperti apa dirinya ketika berada dalam kandungan. Dalam situasi seperti ini, anak-anak lebih mudah menyerap dan menyimpan informasi yang didapat, sehingga menjadi pengalaman belajar yang bermakna.

Berenang

Berenang… yeay, siapa yang gak suka berenang? Semua anak pasti suka. Benarkah? Ternyata tidak semudah itu

Tidak mudah untuk sebagian anak, karena, ”Airnya dingin, bu guru” atau, ”Aku takut tenggelam, ibu,” atau ada lagi, “Aku dipinggir aja ya bu, lihat teman-teman berenang…” ada juga yang bilang, “Aku gak mau basah-basahan”. Yah…begitulah anak-anak, walau sebagian sangat full power karena semangatnya, tapi ada sebagian yang harus dibujuk rayu untuk nyemplung ke kolam renang.

Tapi dengan kesabaran dan kegigihan para guru, akhirnya semua anak ikut turun ke air dan bermain bersama teman-teman dan bu guru di kolam renang…

Apa sih yang di dapat anak ketika berenang atau bermain di kolam renang? Apakah lantas anak bisa berenang? Mengajak anak-anak berinteraksi dan nyaman berada di air, inilah yang menjadi tujuan awal bu guru mengajak anak-anak ke kolam renang.

Sehingga ketika nanti anak-anak mulai belajar berenang, anak-anak tidak lagi takut dengan air kolam renang. Sebagaimana yang kita yakini, bahwa renang adalah salah satu olah raga yang menjadi sunnah Rosul, maka langkah awal untuk berenang adalah menumbuhkan rasa nyaman berada di kolam renang.Selain itu, anak-anak juga diasah keberanian, rasa percaya diri dan kemandiriannya.

Beberapa kolam renang yang ada di wilayah Jatinangor adalah kolam renang Kariclung di desa Cileles, kolam renang BSH di desa Hegarmanah, kolam renang Al Ma’soem di komplek Al Ma’soem dan ada beberapa kolam renang lain yang layak untuk dikunjungi.

Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan favorit anak-anak. Bumi perkemahan Kiara Payung sebagai salah satu bumi perkemahan berskala nasional, kini menghadirkan satu tempat outbond yang ramah bagi anak-anak, juga ramah bagi kantong orang tua. Tempat yang tidak terlalu jauh dari jalan utama atau jalan raya Bandung_Sumedang, kini tersedia exit tol yang sangat dekat dengan lokasi outbond ini.

Ada banyak cerita dalam setiap perjalanan outing class anak-anak, yang semua cerita ini, membawa makna dan nilai tersendiri. Setiap kali petualangan ini mereka ikuti, setiap kali itu pula wawasan, pengalaman, dan kematangan emosi mereka bertambah dan semakin baik. Insyaallah anak-anak akan tumbuh dan berkembang lebih baik ketika mereka bisa menikmati masa kecil mereka, menuntaskan masa bermain mereka tanpa kehilangan kesempatan untuk terus belajar dan menikmati proses belajar ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button