PemerintahanSumedang

Norwegia Kunjungi Sumedang, Dalami Potensi Pengembangan Renewable Energy

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman didampingi Pj Sekda Sumedang Tuti Ruswati berikut sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda Sumedang melakukan pertemuan dengan investor dari Norwegia guna membahas pengembangan Renewable Energy atau energi terbarukan di Jatinangor National Golf&Resort (JNG) Sumedang Jawa Barat (Jabar), Minggu (29/10/2023).

“Ya malam ini kami menerima tamu dari Norwegia, dimana rencananya besok akan melakukan survei sekaligus orientasi terkait dengan potensi untuk pengembangan energi terbarukan di Sumedang,” ucap Pj Bupati.

Baca Juga :  Alokasi Anggaran Rp 19,9 Miliar, Pengerjaan Jembatan Cilutung-Kadu Sumedang Rampung Akhir Desember 2023

Pertemuan itu juga, sambung Pj Bupati, merupakan tidak lanjut dari pertemuan dua minggu yang lalu. Dimana, Kabupaten Sumedang merupakan salahsatu Kabupaten/Kota yang diundang untuk mengikuti kegiatan bisnis meeting Renewable Energy terkait dengan sirculer economy di Oslo Norwegia.

“Nah, salahsatu investor yang juga peserta kegiatan bisnis meeting asal Norwegia ada yang tertarik kepada Sumedang. Rencananya, mereka akan keliling di Sumedang diawali ke museum Geusan Ulun kemudian ke Cipanas dan ke Bendungan Jatigede,” terangnya.

Baca Juga :  Pj Bupati Herman Suryatman: Kabupaten Sumedang Akan Luncurkan City Branding

Dikatakan Pj Bupati, selama di Sumedang mereka akan mendalami potensi energi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dan potensi tenaga surya. Diketahui, bahwa Norwegia itu salah satu negara dengan Renewable Energy terbaik di dunia. Bahkan, tingkat penggunaan energi terbarukan di Norwegia mencapai 99 persen.

“Kehadiran investor asal Norwegia ini, dalam rangka menjajaki untuk berinvestasi di Sumedang. Meskipun prosesnya tidak semudah membalikan telapak tangan. Setidaknya, kehadiran mereka dapat berbagi dan memberikan pengalaman serta pengetahuan terkait bagaimana caranya mengembangkan Renewable Energy di Sumedang,” ujarnya.

Baca Juga :  Pangdam III Siliwangi Sambangi Sumedang, Pastikan Penanganan Pasca Gempa Optimal

Ia berharap, pertemuan dan komunikasi dengan investor asal Norwegia itu dapat berlanjut.

“Ya mudah-mudahan, setelah mereka melakukan survei dan pendalaman lebih jauh terkait potensi yang ada. Pengembangan Renewable Energy di Sumedang dapat terealisasi dengan baik kedepannya,” tukas Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman. (*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button