Pendidikan

Naskah Sunda Serat Tassawuf Sebagai Pendidikan Karakter Generasi Bangsa

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Pada Sidang promosi Doktor Universitas Padjadjaran (Unpad) Fakultas Ilmu Budaya, Yani Rohmayani meraih predikat sangat memuaskan, giat tersebut berlangsung di Ruang Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ), Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unpad Kampus Jatinangor Sumedang, Jumat (5/1/2024).

Dalam penelitian ini Yani yang merupakan dosen program studi Sastra Arab Unpad menjelaskan tentang ilmu tassawuf yang berkaitan dengan etika dan akhlak manusia.

Baca Juga :  Mahasiswa Unpad Ingin Ada Uji Publik Calon Bupati Sumedang

“Etika dan akhlak harus terpadu, baik dan buruk tergantung niat, untuk mencari kebahagiaan itu caranya berbeda,” katanya ketika di wawancarai oleh wartawan TahuEkspres.

Serat tassawuf merupakan penanaman pendidikan etika dan moral untuk generasi Bangsa yang cerdas.

“Indonesia tidak pernah kekurangan orang cerdas, dalam penelitian disertasi saya yaitu didalam Naskah Serat Tassawuf, menggunakan tujuh anggota badan dengan baik bagian dari pendidikan moral selain cerdas, moral dan Etika sangat penting,” tambahnya.

Baca Juga :  Mahasiswa Unpad Ingin Ada Uji Publik Calon Bupati Sumedang

Terakhir Yani mengucapkan terimakasih kepada semuanya yang terlibat dalam proses penelitiannya, juga mempersembahkan gelarnya untuk almarhum suami tercinta, dan mengutarakan harapannya atas raihan gelar Doktor tersebut.

“Sudah 40 tahun saya bersama suami dan memiliki 5 orang anak, itu yang menjadikan penguat untuk saya, tidak lupa ucapan terimakasih untuk bantuan semuanya, kepada Ibu rektor Unpad, Ibu dekan FIB, Bapak kaprodi Sastra Arab, kesannya sangat indah, semoga Ilmu yang saya telah terima ini, bermanfaat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button