KomunitasSumedang

Momentum HUT RI ke 78, LSM GMBI Distrik Sumedang Harus Maju dan Bangkit Lebih Kuat

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Segenap kader LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Distrik Kabupaten Sumedang, Kelompok Intelektual Muda (KIM) dan Forum Komunikasi Wanita Aktivis (Forkowa) melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 di Halaman Sekretariat LSM GMBI Distrik Sumedang Jawa Barat (Jabar), Kamis (17/8/2023).

“Alhamdulillah, kami segenap keluarga besar LSM GMBI Distrik Sumedang dapat melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 78 secara khidmat,” ucap Pelaksana Harian (PLH), LSM GMBI Distrik Sumedang, Agung Gundara.

Agung berharap, momentum HUT RI ke 78 secara nasional yang mengusung tema, Terus Melaju untuk Indonesia Maju dapat diambil hikmahnya oleh semua rakyat Indonesia termasuk didalamnya LSM GMBI.

Baca Juga :  Agung Gundara DPRD Sumedang: Perbaikan Jalan Legok-Sukatali Baru Dikerjakan 650 Meter

“Melalui tema ini, diharapkan dapat menjadi dorongan bagi Bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju. Begitupun dengan LSM GMBI Distrik Sumedang akan terus bergerak maju untuk mencetak kader anak bangsa yang berkualitas, jujur, solid, berani dan satu komando,” tegasnya.

Menurut Agung, sebagai negara yang sudah merdeka, tentu terdapat rangkaian cerita yang panjang hingga Indonesia dapat memproklamirkan kemerdekaannya. Bahkan, membutuhkan waktu cukup lama dengan berbagai upaya guna meraih kemerdekaan yang tidak datang dengan mudah.

Dengan demikian, perayaan kemerdekaan yang dilakukan setiap tanggal 17 Agustus tidak hanya sekadar merayakan sebuah peristiwa sejarah, namun juga memperingati pengorbanan dan semangat yang membentuk identitas serta jati diri bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Emak-emak Warga Paseh Sumedang Teriakan PKB Agung Tetap Agung

“Tahun ini, Indonesia merayakan hari jadinya yang ke 78. Artinya, sudah 78 tahun Indonesia merdeka. Sebagai rakyat Indonesia terutama generasi penerus bangsa, sudah semestinya memiliki pemahaman yang baik tentang sejarah kemerdekaan Indonesia.

Dengan begitu, kita akan dapat lebih menghormati perjuangan para pahlawan dan memastikan bahwa kemerdekaan akan terus hidup dalam setiap generasi,” katanya.

Tak hanya itu, sambung Agung, kiprah GMBI di Sumedang pun harus bangkit lebih kuat sebagaimana para pahlawan bangsa Indonesia.

Para pahlawan ini dulu berjuang untuk merdeka dengan keringat, darah bahkan mengorbankan nyawanya. Maka saat ini, mari gunakan semangat juang para pahlawan terdahulu untuk bangkit memperbaiki keadaan,” terangnya.

Baca Juga :  Agung Gundara DPRD Sumedang: Perbaikan Jalan Legok-Sukatali Baru Dikerjakan 650 Meter

Mari lakukan apa yang bisa dilakukan, imbuh Agung, mungkin tak bisa meneruskan perjuangan para pahlawan yang begitu luar biasa tapi setidaknya kita balas perjuangan mereka dengan mengisi kemerdekaan yang telah mereka perjuangkan dengan berbagai hal-hal positif.

“Olehsebab itu, saya mengajak kepada seluruh kader LSM GMBI Distrik Sumedang adanya penguatan persatuan dan kesatuan serta tetap menanamkan rasa gotongroyong. Sebagaimana telah diajarkan oleh para pendiri dan pahlawan bangsa. Hal inipun selaras dengan apa yang diajarkan oleh sistem di LSM GMBI,” tukas PLH LSM GMBI Distrik Sumedang, Agung Gundara. (*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button