NasionalSumedang

Mentan RI Andi Amran Tinjau Lokasi Pompanisasi di Tomo Sumedang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI) Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. meninjau langsung lokasi Pompanisasi di Dusun Cisaar Desa Marongge Kecamatan Tomo Sumedang Jawa Barat (Jabar), Jum’at(5/4/2024).

Kunjungan kerja (kunker) Mentan RI, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P., didampingi Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Ir Ali Jamil MP.Ph.D, Waaster Kasad Bid Kerma dan Wanwil Brigjen TNI Heri Susanto, Irdam III /Siliwangi Brigjen TNI Agus Gunawan, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Jabar Dadan Hidayat, Danrem 062/Tarumanagara Kolonel Arh Rudi Ragil SP S,Sos, M.Si, Anggota DPD RI Eni Sumarni, PLH Bupati Sumedang Hj Tuti Ruswati, Dandim 0610/Sumedang Letkol Kav Christian Gordon Rambu M.Si (Han), Kapolres Sumedang AKBP Joko Dwi Harsono, Kajari Kab Sumedang Yenita Sari dan pejabat terkait lainnya.

Baca Juga :  Jelang Arus Mudik Lebaran 2024, Menko PMK RI Tinjau Kesiapan Jalan Tol Cisumdawu

Di kesempatan itu, Mentan RI lakukan penyerahan bantuan pertanian dari Ditjen Tanaman Pangan kepada PLH Bupati Sumedang sebesar Rp7,06 Miliar dan Kadis Tan Prov Jabar Rp1 Miliar.

Mentan RI menyampaikan, akan meningkatkan produksi pertanian di wilayah Kabupaten Sumedang berupa peningkatan produksi dan dilaksanakan penanaman secara terus.

Baca Juga :  Begini Pesan PLH Bupati Sumedang di Acara Halal Bi Halal IKPTK

“Kami juga memberikan bantuan pompanisasi sebanyak 2 pompa di desa Marongge untuk memenuhi kebutuhan lahan seluas 25 hektar dan Tunas Harapan seluas 26 hektar.

Kalau petani sukses meningkatkan produksi pertanian sampai 30 persen, saya kembali salurkan bibit ke petani. Saya sebagai Menteri punya misi mulia untuk meningkatkan produksi pangan di Indonesia,” terangnya.

Selain itu, sambung Amran, keluhan masyarakat yang harus dituntaskan adalah masalah pupuk. Alhamdulillah, anggaran pupuk sudah di berikan tambahan pupuk.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Forkopimda Kabupaten Sumedang dan masyarakat setempat sudah bersama-sama menyukseskan program pipanisasi untuk lahan pertanian di Sumedang,” tukas Mentan RI.

Baca Juga :  Kemenkeu RI Apresiasi Pemanfaatan Dana Desa di Sumedang

Diketahui, bantuan Pompanisasi yang diberikan antara lain , Pompanisasi sebanyak 2 mesin Pompa 11 PK dan 15 PK untuk sumber air primer. Bantuan pipa ukuran 6 inch untuk Poktan Gumilang 600 meter, bantuan pipa ukuran 6 inch untuk poktan Tunas Harapan 470 meter, bantuan 3 pompa mesin pompa ukuran 3 inch untuk saluran air sekunder atau embung, Bantuan Bibit dan Pupuk untuk kelompok tani. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button