AgamaPemilu 2024Sumedang

Menjaga Kerukunan Umat Beragama, FKUB Sumedang Inisiasi Workshop Jelang Pemilu 2024

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan organisasi Islam, perwakilan partai politik (parpol), unsur pemerintah daerah dan lainnya ikuti kegiatan Workshop yang diinisiasi oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sumedang dalam rangka meningkatkan semangat kebersamaan, kerukunan tokoh serta umat beragama menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 di RM Ponyo Ciherang Sumedang Jawa Barat (Jabar), Selasa (15/8/2023).

Ketua Panitia Workshop FKUB Sumedang, H. Budiana, M.Pd. mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan sekaligus memperkuat toleransi dan moderasi beragama terutama dalam menyongsong Pemilu 2024.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan dan solidaritas sosial tanpa memandang latar belakang agama, suku, etnis, ras dan golongan.

Baca Juga :  GOR Kecamatan Disiapkan Jadi Gudang Logistik Pemilu di Cikaum Subang 

Selain itu, sambung Budiana, FKUB memiliki peran untuk dapat membina dan memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat terhadap kemungkinan timbulnya ancaman gangguan keamanan berkaitan dengan persoalan agama, suku, ras antar golongan. Terlebih, terus memupuk proses kerukunan umat beragama juga memantapkan persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa.

Pada kesempatan itu, sambung Budiana, ada beberapa narasumber yang dihadirkan diantaranya pemateri ke-1 oleh pihak Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Sumedang dengan mengusung tema, Penerapan Konsep Moderasi Beragama dalam Usaha Menjaga Kerukunan Tokoh dan Umat Beragama Menjelang Pemilu di Kabupaten Sumedang.

Baca Juga :  Rahman Fauji, Tukang Cukur Asal Rancakalong Jadi Caleg DPRD Sumedang

“Selanjutnya pemateri ke-2 oleh pihak Badan Kesbangpol Sumedang yang mengusung tema, Program Strategis
dalam Menjaga Kerukunan Umat Beragama dan Politik menjelang Pemilu di Kabupaten Sumedang,” ucapanya.

Kemudian, imbuh Budiana, pemateri ke-3 disampaikan oleh Ketua FKUB Sumedang yang mengusung tema, Peran Strategis FKUB dalam menjaga Kerukunan dan Kebersamaan Tokoh serta Umat Beragama Menjelang Pemilu di Kabupaten Sumedang

“Kemudian pemateri ke-4, disampaikan oleh pihak Dinas Kesehatan (Dinas Kesehatan) dan Bappppeda Sumedang,” katanya.

Baca Juga :  GOR Kecamatan Disiapkan Jadi Gudang Logistik Pemilu di Cikaum Subang 

Tak hanya itu, ucap Budiana, dalam rangka menyongsong Pemilu 2024 mendatang, diharapkan terwujudnya Pemilu 2024 yang bermartabat, beradab dan berbudaya. Jadi, dinilai perlu adanya sinergi antar pemilih, peserta pemilu dan penyelenggara pemilu.

“Agenda Pemilu ini harus sesuai dengan tujuan demokrasi untuk memanusiakan manusia. Sehingga, Pemilu merupakan sarana demokrasi. Jadi, kami menilai pentingnya menjaga toleransi antar umat beragama. Dengan sikap toleransi yang tinggi, maka akan meminimalisir terjadinya konflik antar umat beragama dan kehidupan umat beragama pun terjalin tentram serta damai,” pungkas Ketua Panitia Workshop FKUB Sumedang, H. Budiana. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button