Pendidikan

Mahasiswa Beraksi: Program Perpustakaan Berjalan, Gerbang Literasi di Alun-alun Kota Sumedang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Sebuah inisiatif menarik muncul dari para Mahasiswa Sastra Inggris Universitas Sebelas April Sumedang yang memutuskan untuk membawa literasi langsung ke Masyarakat terutama anak anak SD melalui program perpustakaan berjalan pada Minggu (19/11/23) di Alun-alun Sumedang.

Ketua Pelaksana Perpustakaan Berjalan, Idhan Rizky menggungkapkan Mahasiswa yang terlibat berusaha membuktikan dengan semangat sukarela bahwa kecintaan pada buku bisa menjadi daya pendorong positif untuk meningkatkan pengetahuan di kalangan masyarakat sekaligus sebagai upaya konkret untuk membantu mengatasi keterbatasan akses literasi.

“Kami ingin menginspirasi semangat membaca dan belajar di komunitas yang mungkin tidak memiliki akses mudah ke perpustakaan konvensional. Literasi adalah kunci untuk membuka pintu peluang, dan kami berharap dapat memberikan kontribusi positif, acara ini bertemakan Aku Buku Ayo Berkeliling Bersamaku,” Ucapnya saat di wawancara oleh Tahu Ekspres.

Baca Juga :  Pelaku Peristiwa Berdarah di Sumedang Dikabarkan Meninggal Dunia

Perpustakaan berjalan ini tidak hanya menyediakan buku-buku, tetapi juga menyediakan berbagai hal lain seperti gambar untuk diwarnai oleh anak, lokakarya kreatif, dan bimbingan literasi untuk anak-anak.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Himpunan Mahasiswa Sastra Inggris, Soni Rahayu Adi mengharapkan Para mahasiswa berperan ganda sebagai pustakawan dan fasilitator kegiatan, menciptakan atmosfer pembelajaran yang ramah dan interaktif.

Baca Juga :  Tanggap Darurat Bencana di Sumedang Berakhir, Sekarang Tahap Transisi Rehabilitasi dan Rekonstruksi

“Harapannya mungkin ini bukan hanya menjadi gebrakan sesaat, tapi bisa menjadi kesinambungan dan ada continuitas dari program kerja ini. Karena kebetulan ternyata kita merapkan support yang sangat luar biasa, baik dari pihak lembaga, maupun dari instasi terkait yang memang diajak kerja sama. Mau mendonasikan buku -bukunya atau bahkan ada beberapa yang volunteer juga mendonasikan buku -bukunya. Mari lakukan gerakan literasi, mari tingkatkan kesadaran untuk membaca” Ungkap Soni dalam wawancara Oleh Tahu Ekspres.

Baca Juga :  Warga Panik, Gempa Bumi Guncang Sumedang

Masyarakat pun mengapresiasi dan menanggapi kegiatan tersebut dengan positif. Hal tersebut dapat terlihat dari antusiasme peserta, terutama orang tua yang merasakan manfaat bagi anak mereka secara langsung dari program ini.

“Harusnya banyak kegitan kegiatan semacam ini, saya senang melihat anak saya membaca ketika sedang jalan jalan di alun alun” Ucap salah satu orang tua anak yang tidak mau di sebutkan namanya dalam wawancara oleh Tahu Ekspres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button