Wisata

Lampaui Target, 1,5 Juta Wisatawan Berkunjung ke Sumedang Sepanjang Tahun 2023

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Kunjungan wisatawan ke Daerah Tempat Wisata (DTW) Kabupaten Sumedang sudah melebihi target yang telah ditetapkan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Pariwisata, Egi Powi Proyegi saat ditemui TahuEkspres di Kantor Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Sabtu (23/12/2023).

Egi menyampaikan bahwa target DTW Kabupaten Sumedang pada tahun 2023 sebanyak 1,5 juta wisatawan dalam satu tahun, ia menyebutkan hal tersebut telah terlampaui. “parameternya itu dalam satu tahun mulai dari hotel, dari daerah tujuan wisata, dari cafe dan resto itu sajuta lima ratus ribu sudah terlampaui,” lanjutnya.

Baca Juga :  BPC PHRI Sumedang Bantu Pemulihan Bencana Gempa 

Lebih lanjut ia memaparkan data yang diperoleh merupakan laporan dari setiap segmen yang masuk kedalam DTW. Egi memberikan contoh untuk segmen perhotelan, parameter nya adalah tingkat okupasi atau keterisian kamar hotel.

“berdasarkan hasil ini, kalau Hotel kami melakukan monitoring ke beberapa hotel di Jatinangor. Kami menginventarisir kendala dan identifikasi masalah apa saja karena terjadi penurunan. Kami hadir disitu dalam rangka meramu strategi. Bagaimana caranya agar okupasi hotel ini sesuai harapan. Baik secara bisnis mereka (pihak hotel) ataupun secara targetan kami (DTW),” jelasnya.

Baca Juga :  Harapan Disparbudpora saat Putra Putri Sumedang Masuk Grand Final Duta Pariwisata Jabar

Disinggung mengenai dampak beroperasi nya BIJB terhadap daerah tempat wisata Sumedang, Egi menilai hal tersebut belum terasa secara langsung. “tapi kita sudah berupaya melakukan komunikasi dengan BIJB melakukan integrasi dengan kabupaten/kota lain,” sambungnya.

Baca Juga :  Green Garden "Mangga Ngala Nyalira" Bakal Hadir Jadi Objek Wisata Unggulan di Sumedang

Adapun target DTW pada tahun 2024, Egi belum bisa memastikan angka target DTW Kabupaten Sumedang. Namun iya memperkirakan ada peningkatan dikisaran dua juta kunjungan. Mungkin dua juta, itu juga kan fluktualitatif kalo melihat dari banyak aspek, seperti perekonomian apalagi nanti tahun politik,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button