SumedangTNI/Polri

Lahan Kritis di Kaki Gunung Geulis Jadi Target Penanaman Pohon TNI-Polri di Sumedang

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Dandim 0610 Sumedang, Letkol Kavaleri Christian Gordon Rambu M.Si.,(Han) didampingi Kapolres AKBP Joko Dwi Harsono, Komandan Batalyon Raider 301 Prabu Kiansantang Mayor Infanteri Henggar Tri Wahono, Ketua Komisi I DPRD Sumedang Asep Kurnia dan pejabat Forkopimda lainnya melakukan penanaman pohon secara seremonial di lahan kritis kaki Gunung Geulis Desa Jatiroke, Jatinangor Sumedang Jawa Barat (Jabar), Senin (15/1/2024).

“Hari ini, tak kurang dari 2000 pohon jenis keras ditanam di lahan kritis kaki Gunung Geulis Jatiroke dengan melibatkan unsur Kodim 0610 Sumedang, anggota Polres Sumedang, organisasi masyarakat (ormas), pelajar dan lainnya,” ucap Dandim.

Baca Juga :  Imbas Diterjang Angin Puting Beliung, Ribuan Karyawan Diliburkan dan 22 Gedung di PT Kahatex Sumedang Porak Poranda

Sebelumnya, sambung Dandim, pihaknyapun gencar melaksanakan penghijauan atau penanaman pohon khususnya di lahan kritis yang ada di wilayah Kodim 0610 Sumedang termasuk sekarang di kaki Gunung Geulis Jatinangor.

“Kami juga terus mengajak masyarakat untuk terus melakukan penanaman di sejumlah lahan yang dinilai minim pepohonan dan rawan longsor. Terlebih, di wilayah Sumedang ini masih banyak lahan kritis termasuk lahan yang rawan bencana longsor,” tukasnya.

Baca Juga :  Tak ada Korban Jiwa Dalam Kecelakaan Bus Terguling di Buper Kiara Payung Sumedang

Di kesempatan itu, Kapolres Sumedang AKBP Joko Dwi Harsono mengapresiasi kegiatan penghijauan yang diinisiasi Kodim 0610 Sumedang. Terlebih, dirinya bersama seluruh anggota Polres Sumedang akan terus membantu dan bersinergi upaya penghijauan di wilayah Sumedang bersama Kodim, Pemda, masyarakat dan unsur terkait lainnya.

“Polres Sumedang juga masih intens melakukan penanaman pohon disejumlah titik lahan kritis. Mengingat, penanaman pohon ditengah musim penghujan ini dinilai sangat relevan dilaksanakan,” kata Kapolres.

Sementara itu, salahsatu aktivis lingkungan yang juga Ketua Forum Komunikasi Pelestarian Gunung Geulis, Saepudin mengapresiasi upaya TNI, Polri dan Pemda yang melakukan penghijauan berupa penanaman pohon di lahan kritis kaki Gunung Geulis.

Baca Juga :  Dua Hari Jelang Pemilu, Polres Sumedang Terjunkan 661 Personil Amankan TPS

“Saat ini terdapat sekitar 40 hektar lahan kritis di kaki Gunung Geulis. Olehsebab itu, penghijauan dilahan kritis menjadi tanggungjawab semua pihak,” katanya.

Menurut Saepudin, untuk lahan kritis di wilayah Kecamatan Jatinangor sendiri sekitar 80 hektar. Termasuk yang berada disekitar perguruan tinggi.

“Saya berharap penghijauan lahan kritis di Jatinangor dan Sumedang umumnya terus dilakukan oleh semua pihak,” pungkasnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button