PeristiwaSumedangTNI/Polri

Kapolres Sumedang Terjun Langsung, Bantu Warga Terdampak Angin Puting Beliung di Jatinangor

TAHUEKSPRES, SUMEDANG – Sejumlah anggota Polres Sumedang diterjunkan guna membantu mengevakuasi warga terdampak bencana alam angin puting beliung yang menerjang wilayah Kecamatan Jatinangor, Cimanggung dan sekitarnya, Rabu (21/2/2024).

Kapolres Sumedang, AKBP Joko Dwi Harsono menyebutkan, peristiwa angin puting beliung itu terjadi sekitar pukul 15.30 WIB yang menyapu sebagian besar wilayah Jatinangor Sumedang.

“Terjangan angin puting beliung ini, selain di wilayah Jatinangor juga menyasar ke wilayah sekitarnya seperti, Cimanggung dan Rancaekek Bandung. Sehingga, dampak dari angin puting beliung ini sejumlah bangunan mengalami kerusakan,” ucap Kapolres.

Baca Juga :  Dua Hari Jelang Pemungutan Suara Pemilu, Panwaslu Cimanggung Minta Alat Peraga Kampanye Ditertibkan

Ia meneruskan, selain atap pabrik, sejumlah atap rumah warga juga jadi terdampak sapuan angin puting beliung. Termasuk, sejumlah kendaraan motor dan mobil milik warga.

“Saat ini, proses assessment sedang dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumedang untuk menentukan jumlah bangunan atau rumah yang mengalami kerusakan.

Baca Juga :  PLN UP3 Sumedang Pastikan Robohnya Dua Tiang Listrik di Cadas Pangeran Akibat Pohon Tumbang

Kami bersama-sama dengan tim evakuasi dan BPBD terus berkoordinasi untuk memberikan bantuan secepat mungkin kepada warga yang terdampak,” terangnya.

Selain itu, sambung Kapolres, pihaknya terus bekerjasama melakukan pembersihan material bangunan yang mengalami kerusakan agar tidak berpotensi membahayakan warga.

“Dalam peristiwa ini, sedikitnya ada tujuh orang warga yang mengalami luka-luka akibat bencana angin puting beliung. Para korban luka luka ini langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum (RSU) untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut,” ucap Kapolres.

Baca Juga :  Tak Khawatir Mudik dengan EV, PLN UP3 Sumedang Resmikan 2 SPKLU Tambahan

Dirinya mengimbau kepada masyarakat setempat untuk tetap waspada dan mengikuti petunjuk evakuasi yang diberikan oleh pihak berwenang.

“Pihak kepolisian dan instansi terkait berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam penanggulangan dampak bencana ini demi pemulihan situasi dan kondisi secepat mungkin,” tukas Kapolres Sumedang AKBP Joko Dwi Harsono. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button